by

Yahudi Haredi

Oleh : Titi Razak

Selayang pandang penampilannya mirip kelompok Islam konservatif Taliban, padahal bukan. Mereka ini adalah sekte Yahudi Haredi. Sama dengan Taliban keduanya sama-sama dilabeli konservatif, menolak kemoderenan, dan sekularisme. Media-media di Israel kadang menyebut mereka dengan sebutan ”Ibu Taliban”.

Diperkirakan ada sekitar 1.3 juta orang Yahudi Haredi di dunia. Bahkan sekte Haredi ini dikenal menentang pendirian negara Yahudi, karena dianggap bagian dari bid’ah terbesar agama mereka.Beberapa contoh kekoloton Yahudi Haredi adalah biasanya tidak mau menonton televisi, film, membaca koran dan buku sekuler.

Ada kampanye keras untuk menentang Internet, dan ponsel yang diaktifkan secara Internet. Anak-anak lelaki dan perempuan bersekolah di sekolah yang terpisah. Perempuan kalau keluar rumah harus didampingi mahramnya, karena dilarang oleh para rabi terkemuka. Mirip-mirip aturan di Islam

.Jadi jangan salah ya, konservatisme agama itu tidak hanya milik dunia Islam. Di agama lain juga terjadi. Apa di kristen juga ada kelompok konservatifnya? Ada juga. Kelompok konservatifnya diwakili oleh Kristen Evangelis. Kenapa di Indonesia konservatisme Islam lebih banyak dibahas? ya wajar, karena Islam di Indonesia penganutnya banyak.

Sumber : Status Facebook Titi Razak

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed