by

Budaya dan Hari Akhir

Oleh : Buyung Kaneka Waluya

Konsep neraka…., dapat ditemukan dalam banyak budaya…, tetapi belum setua usia homo sapiens. Maksudnya….; kita bisa menemukan gambaran atau catatan tertulis mengenai neraka…., misal dengan mundur 2000 – 3000 tahun ke belakang.Tetapi konsep neraka ini belum ditemukan…., jika mundur 10.000 tahun ke belakang atau lebih. Secara historis…., catatan tertulis mengenai neraka baru ditemukan saat manusia memasuki era agraris.

Pada era itu…, Tercatat dalam ditemukan bukti-bukti valid berupa tulisan atau gambar mengenai deskripsi neraka. Dalam berbagai budaya…, neraka digambarkan sangat menakutkan…, menyakitkan…., dan keras. Meski gambaran umum neraka adalah tempat penuh api dengan panas luar biasa…., tetapi dalam beberapa tradisi justru menggambarkan neraka sebagai tempat dingin luar biasa…, sangat gelap…., dan sangat sunyi.

Gambaran itu misalnya dalam budaya Skandinavia…., suatu tempat di bumi yang cuacanya dingin. Jadi…; kita harap memahami jika ada yang menyatakan cuaca panasnya seperti neraka…., lalu ada budaya lain menyatakan cuaca dingin sekali seperti sedang di neraka. Mereka menyatakan demikian…., karena pengaruh budaya yang membesarkan mereka. Kebanyakan agama (sumber akademik menyatakan ada sekitar 4200 agama) menyatakan…., bahwa neraka itu sebagai “tempat hukuman” bagi jiwa-jiwa…., karena sewaktu hidup mereka melakukan kejahatan di tengah masyarakat.

Setiap budaya…., memiliki lanskap neraka masing-masing. Ada yang menggambarkan jurang…., dengan berbagai tingkat kedalaman. Ada yang menggambarkan daratan luas…., yang tak bertepiAda yang menggambarkan daratan di samping sungai…., dengan air deras yang menghancurkan….; dan masih banyak penggambaran lagi. Gambaran neraka tertua…., antara lain ditemukan dalam kebudayaan Mesir Kuno (dimulai sekitar 3100 SM). Neraka itu dipenuhi dengan setan…., yang hanya bisa “ditaklukkan” (sementara) dengan mengikuti instruksi eksplisit dari Kitab Orang Mati. Hati orang yang meninggal ditimbang dalam skala…., diadili oleh Firaun yang membuat perjalanannya melalui Dunia Bawah sendiri.

Sedangkan dalam mitologi Mediterania…., dengan legenda Prometheus sang pahlawan rakyat yang mencuri api dari para dewa dan memberikannya ke manusia….; neraka itu tergantung di tebing yang mana seekor burung datang siap memangsa jiwa yang ada di dalamnya. Mungkin tinggal pilih…, kita mau masuk neraka yang mana. Rahayu

Sumber : Status Facebook Buyung Kaneka Waluya

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed