by

Pinjol Itu Bisnis Beresiko Besar

Oleh : Toto Anto

Pinjol itu bisnis beresiko besar!Ketika ada pinjaman online dan konsumennya tidak mau membayar, paling paling pihak Pinjol ya bisanya cuma marah marah, mengancam, mempermalukan dan memang cuma itu cara untuk menagihnya. Karena Pinjol tidak mungkin mereka mengambil barang yang bukan sebagai anggunan.

Berbeda dengan utang di Bank yang mengunakan anggunan/ jaminan dimana jaminan tersebut bisa dilelang sebagai ganti uang angsurannya, dan itulah resiko pebisnis terberat Pinjol yang harus ditanggungnya. Kalau seumpama semua nasabah Pinjol tidak mau membayar, pasti dalam waktu sekejap bisnis Pinjol tersebut pasti akan bangkrut.

Secara hukum Pinjol akan sulit atau tidak bisa bertindak apa apa kepada konsumennya, baik melaporkan sebagai tindakan kriminal/ pidana bagi nasabahnya yang gagal bayar atau tindakan menyita barang anggunan karena memang ngak ada angunanya.

Justru Pinjol bisa saja dianggap melakukan tindakan kriminal/ Pidana bila sampai DC Pinjol sampai berani mengambil barang yang bukan merupakan barang jaminan! Bisnis keuntungan besar tentu beresiko besar, sebagai mana air kecil yang mengalir bergemericik indah itu terasa menyenangkan, tapi bila air itu meluap besar menjadi banjir tentu bisa menenggelamkan semua orang termasuk pebisnis Pinjol dan peminjamnya!

Negara harus mengaturnya!

Sumber : Status Facebook Toto Anto

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed