by

Nasihat Buat Mahasiswa Baru Jurusan IT

Oleh : Irwansyah Saputra

Kalo lu ambil jurusan IT, tapi kismin, ga punya fasilitas canggih, mageran, pengen biaya murah, bisa survive buat masa depan, ambil aja konsentrasi ke programming atau data. Karena biasanya resource yang dipake ga terlalu berat. Beda lagi kalo ngodingnya ke mobile dev macem android studio ya.

Programmingnya bisa ke arah data science, kuasai Python, Rstudio. Yang codeless kuasai Orange atau rapidminer atau keduanya. Btw, kita juga bisa pake google colab buat running program kita. Jadi ga mesti install Jupyter notebook di laptop, gw juga skrg gitu sih, lebih enak. Ibaratnya kita minjem komputernya google.

Kalo programmingnya ke arah dev, bisa cek yutubnya array id. Banyak tutorial berjam-jam di sana, dari awal sampe mual2.

Kalo masuk jurusan IT, tentuin fokus dari awal. Kalo engga, bakal kalah sama yang ga kuliah atau lulusan bootcamp. Kenapa? ya di bootcamp lebih fokus, tiap hari materinya sama, dari pagi sampe sore belajarnya, pengajarnya ahli dan praktisi yg udah hafal banget sama problem di lapangan, roadmapnya jelas, materinya udh tentu sesuai dengan industri.

Fyi, di jurusan ini banyak matematikanya. Kalo lu ga suka mtk trus masuk IT, yasudah mohon maaf lahir dan batin. Karenanya, ga mesti jago semua mata kuliah, kalo emang ga mampu. IPK tinggi atau gede ga pengaruh amat waktu gawe. Maksudnya, IPK kecil tapi lu punya skill yang bisa diandelin perusahaan, ya bakal diterima dibanding sebaliknya. Kalo emang bisa, ya bagus IPK tinggi skill ok. Tapi gw tau, karena gw juga ga pinter, maka gw fokus sama bidang yang mau gw tekuni aja. Materi selebihnya selewat aja, yang penting masuk, yang penting ngerjain tugas, yang penting lulus matkulnya.

Kita ini skrg udah hidup di era open science. Segala akses udah disediakan. Tinggal kitanya aja, apakah mau pake itu, atau cuma sekedar haha hihi trus lulus kuliah ga punya apa2.

Print dah simpen sampe 4 taun. Nanti lu liat lagi kebukti ga omongan gw ini. Atau lu cek lagi nanti, lu termasuk bagian yang mau fokus atau yang cuma haha hihi aja. Penyesalan itu emang di akhir, kalo di awal namanya pendaftaran.

Sumber : Status Facebook Irwansyah Saputra

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed