by

Makna Mudik

Setelah kita berada di puncak, maka mau tak mau harus berjuang kembali di medan jihadnya masing-masing.
Kalau anda masih pelajar atau mahasiswa, maka amalan jihad yang utama itu adalah belajar dan menyelesaikan sekolah anda dengan baik, bukan riyadhah amalan wirid, atau baca Qur’an seharian. 
Kalau anda seorang pengusaha, amalan prioritas buat anda itu banyak bersedekah, bukan malah duduk berzikir di masjid. Kalau anda seorang ulama, maka amalan utama itu ya berzikir dan mengaji dan mengajar. Namun sekarang ini kok semuanya mau jadi ulama? Lantas siapa yang akan menjadi ilmuwan dan menjadi pengusaha?

Apakah mereka dilarang melalukan ibadah sunnah di atas? Tentu tidak. Namun masing-masing punya amalan prioritas, sesuai amanah dan kondisinya. Kalau anda sedang dapat amanah menyeleaikan disertasi, maka selesaikan disertasi, bukan malah ‘ngeles’ dengan mengerjakan amalan lainnya. Belajar dan bekerja itu juga bagian dari ibadah.

Maka mari kita semua, apapun agama kita, berusaha untuk terus berbuat baik. Kalau anda Muslim, jadilah Muslim yang baik. Kalau anda Hindu, jadilah orang Hindu yang baik. Kalau anda orang Indonesia, jadilah warga negara yang baik. Begitu seterusnya. Berbuat baiklah kepada sesama, siapapun anda, dan siapapun mereka.

Sumber : Status Facebook Putra Rahman

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed