by

Lonjakan Suspek Covid Dibeberapa Wilayah

Oleh : Sarah Eidelweise

Keputusan Menkes dan Pemerintah melarang mudik idul Fitri beberapa waktu lalu bukan tanpa tujuan, Pemerintah ingin melindungi masyarakat dari pandemi covid19. Tapi karena sikap apatis kita malah jadi malapetaka. Banyak pemudik yg justru menerobos penyekatan.Pak Menkes mengatakan saat ini lonjakan kasus positif covid19 terjadi di Kudus dan Bangkalan Madura.

Kenaikan ksus tsb disebabkan oleh beberapa faktor spesifik. Krna daerah Kudus merupakan tempat ziarah dan Madura banyak pekerja migran yg pulang dadi negara tetangga.Kondisi Kudus sebelum terjadi lonjakan kasus keterisian RS hanya sekita 40an, dan dalam waktu 1minggu terakhir keterisian RS naik cukup tinggi mencapai 350an.

Sedangkan di Bangkalan yg tadinya tempat tidur isolasi terisi 10 sekarang naik menjadi 70-80an.Lonjakan kasus tersebut telah melumpuhkan pelayanan kesehatan di Kudus dan ada sekita 300 tenaga medis terpapar covid19. Beruntungnya mereka sudah divaksin jadi gejala yg ditimbulkan cenderung ringan hingga sedang.

Lihat apa yg terjadi karena sikap lalai dan apatis kita terhadap peraturan pemerintah. Lonjakan kasus makin meningkat. Seharusnya peraturan dibuat untuk ditaati. Pemerintah ingin melindungi kita dan kita harus membantu pemerintah dg menaati peraturan yg telah diterapkan. Hendaknya peristiwa lonjakan kasus pasca libur lebaran menjadi yg terakhir. Mau sampai kapan pandemi berakhir jika kita bandel dan tetap melanggar aturan pemerintah?

Marilah kita patuh, jangan abai dan lalai terhadap prokes, tetap jaga jarak dimanapun berada.

Sumber : Status Facebook Sarah Eidelweis

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed