Dialog Pendukung 01 Dan 02

Sang supir terdiam dg menahan napas, lalu dg lirih dia jawab
Sp : Ya sy kan org awam bu, suka denger pengajian, juga baca dikit2 di Sosmed. Juga kita liat kan 212 aja segitu banyak orgnya, sy juga sekali ikutan bu. Ya itu aja sih bu
Sy : Lah bapak liat di jaman Jokowi ada kemajuan ga? 
Sp : Iya hrs diakui ada bu. Tp gmn dg sikap dia ma ulama bu? 
Kan banyak kriminalisasi ulama bu? 
Sy : Ulama mana yg dikriminalisasi pak? Coba kasih contoh
Sp : Ya itu habib R & Habib Smith

Sy menghela napas sebentar, kesel banget 
Sy : Gini ya pak, kalau istilah kriminalisasi itu kita menghukum org tanpa alasan. Kalau HR itu kabur bukan ditahan apalagi di penjara, krn Jokowi? Ya bukanlah, krn dia hrs hadapi belasan gugatan masyarakat, tmsk terakhir gugatan Firza pak, bukan Pizza ya tp F..I..R..Z..A (sy sengaja mengeja), dia ini perempuan pak. Nah dr semua gugatan ga ada dr pejabat apalagi Jokowi, ga ada sama sekali. Dg begitu bpk hrs paham bhw dia kabur itu krn dia ga gentle hadapi semua gugatan2 itu. Jd krn mmg ada indikasi melakukan tindakan kriminal. Mmg ada yg sdh digugurkan kasusnya krn tekanan, tp belasan gugatan lain msh dlm proses. Nah soal habib satunya ga ada urusan ma Jkw, dia ditahan krn menyiksa anak dibawah umur. Bpk sdh liat videonya? (supir menjawab lirih, iya bu) nah, ada ga itu hub dg Jokowi (supir blg ya ga bu) Jd pak, ada ga relevansinya bpk blg Jkw itu suka kriminalisasi ulama? Ga adakan? Ya ulama atau yg mengaku ulama itu mmg ada indikasi kuat sbg pelaku kriminal. Kita kan negara hukum pak, ga ada org bs kebal hukum skalipun ma org yg ngaku atau dianggap ulama. Betul begitu pak? Bs paham? (suara sy mulai meninggi ) skali lg, camkan baik2 ya pak, realitanya bgt, data & faktanya ada.
Sp : Iya ya bu

Melihat supir sdh mulai terpojok, sy pun bukan org buas suka memukul saat lawan lemah. Maka sy ingat refleksi tmn Syafiq Ali ttg perubahan sikap keagamaan dulu & skrg
Sy : Pak, ingat duku wkt kita kecil kalau pakai sarung peci, yg prmp pake kerudung saat mau ngaji atau kegiatan agama lain, rasanya mau bandel aja malu ya. Bener ga?
Sp : Iya bener bu
Sy : Dulu keagamaan kita gt ya. Guru ngaji itu kita hormati krn nasihat2nya adem, cerita2 banyak ttg teladan nabi, bener ga?
Sp : Bener bu, bener (mulai bersahabat nih suara si supir)
Sy : Nah bpk coba pikir deh, ada yg berubah suasana skrg dg dulu?
Sp : Sy ga paham bu
Sy : Gini ya pak, kalau jaman dulu org dg identitas keagamaan itu jd bs lbh santun, bs enak dengerin ceramah yg penuh nasihat, bkn kita adem. Skrg kok aneh buat sy, org pakai atribut keagamaan kok banyaknya caci maki, kafir2an org, kdg dtg ngeroyok org, mukul org dg teriak Allahuakbar segala? Kenapa? Ada ga crt nabi memberi contoh itu? Coba bpk cerita ke sy, ada ga nabi pernah kasih contoh spt itu?
Sp : Ya ga lah bu, nabi orgnya sabar, bahkan dicaci maki ma pengemis Yahudi yg buta aja dia tetap suka bantu bu.
Sy : Nah tuh bpk tau, syukur deh. Maksud sy itu lo kalau mau beragama juga liat2 ma ulama atau org2 yg ngaku ulama kelakuannya pak, sdh cocok ga ma teladan nabi? Jokowi gmn? Kira2 sikapnya hadapi cacian, hoax, fitnah apa dia serang org? 

Sp : Iya ya bu, Jkw sy akui sabar orgnya
Sy : Kalau ditanya siapa dia teladani ya pasti dia teladani nabi Muhammad pak, juga teladan nabi2 lain. Walau dia manusia biasa pak, dlm debat muncul juga dia kritik lawannya dg kasus kebohongan Ratna Sarumpaet, bener ga?Jkw itu juga org tegas pak, kalau ga tegas masa pembangunan di era skrg bagus? Kan pasti dia tegas shg menteri2nya patuh ma dia, bener ga? Jd skali lg jgn nilai Jkw tdk TEGAS ya 
Sp : Iya bu, sy jd baru paham nih. Abis sy kalau denger ustad2 kan bcrnya spt menyakinkan jd sy terkesima gt bu. 
Sy : Pake ayat2 ya pak
Sp : Iya bu, bener
Sy : Pak, sy juga pake ayat, baca An-Nashr aja pak Wal ashri itu bpk pahami artinya. Sy ga mau maksa bpk pindah pilihan, sholat Istiharoh aja pak tanya ma YME cari kebenaran Jkw itu siapa, biar bpk ga usah diintervensi siapa2. Kalau muncul jawaban 01 ya bpk cpt2 taubat aja ya pak, minta maaf ma Jkw ya ga susah2 pak, ga perlu cari dia tp bpk gunakan wkt bpk sd 17 April utk bs membersihkan nama Jkw yg banyak dihujat oleh org2 spt bpk yg menilai dia dg rasa prasangka yg buruk bukan dg tabbayun. Mulai skrg bpk hrs percaya diri, cr ulama yg lbh baik, yg ga mudah hujat org, punya kelakuan juga baik. Msh dominan ulama2 yg baik pak di Indonesia walau ga slalu mrk ada di Youtube, apalagi ulama mualaf yg suka jelek2in agama lamanya trus sok tau an Islam hujat sana hujat sini, jgn percaya deh. Kalau sdh sadar juga jgn jelek2in 02 ya pak, doakan aja dia lbh baik, kalau mau berkuasa juga jgn sd berani2 bohong, nakut2in rakyat pake blg Indonesia bubar 2030 kalau org ga milih dia. Mulai Jumat depan bpk usaha cari dimana paslon 01 ma 02 Jumatan ya, kali2 bpk kan bs ikutan liat mrk Jumatan dimana.

Sp : Bu bener ga kalau 02 itu…. (cepat2 sy potong supir bcr)
Sy : Pak sy ga suka gosip2in oeg, sy minta bpk cr informasi ttg Jumatan ini sendiri, cek mbah google kali jawaban ada disitu dr timses msg2 jadwal Jumatan mrk dimana ya. Pendukung Jkw mah ga suka gosip apalagi fitnah, sukanya percaya ma data & fakta, takut beneran ma resiko fitnah. Itu bedanya kita pak. Eh rmh sy sdh dekat, makasih & inget istiharoh aja ya pak, biar bpk ga usah diintervensi siapa2 tmsk sy, cuma yakin aja sy bpk pasti berubah. Percaya deh, coba dulu krn itukan ritual yg sdh ada dlm Islam.

Sp : Wah makasih ya bu sy sdh dpt masukan, maaf ya bu td sy tdk bermaksud debat ma ibu
Sy : Gapapa pak, pendukung Jkw mah sabar2, ga suka marah apalagi menghina. Debat jauh lbh baik drpd fitnah. Sdh ya pak, sy sdh nyampe, makasih sdh bkn sy ga ngantuk nih. Assalamu’alaikum!

Sy pun turun dr mobil, supir menyahut salam sy & dia membuka kaca jendela melambaikan tangan “Bu, makasih bu, sy seneng bu, jd mikir blm 2 menit nih sdh begini sy bu (supir menunjukan salam jempol, hehehe)

Sy pun melambaikan jempol, “Bagus, tp tetap sholat istiharoh pak biar mantap & segera taubat jgn jelek2in org baik, rugi kamu, rugi Indonesia. Bismillah Jkw skali lg!”

Sang supirpun berlalu, masuk rumah sy lgsg hilang capek, ada rasa terimakasih aja ma YME dikasih sabar ngadepin pendukung 02. Kita ga boleh cepat baperan, hadapi mrk dg tetap tetap sabar. Maka sy kasih supir bintang 5 dg comment dg #tetapJokowi

Dah gt aja, capek ngetiknya,

Sumber : Status Facebook Sulfas Erts Anto

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *