by

Ala Rusia

MEMANG BUATAN RUSIA 
Masalahnya, Firehose of Falsehood memang diciptakan oleh para pakar Rusia. Teknik ini dikembangkan dari teknik propaganda Perang Dingin yang dipakai Uni Sovyet. Dalam perkembangannya, membombardir kebohongan melalui banyak saluran media membuat Rusia mampu mencaplok Cremia dan mengobok-obok Georgia.

Namun jika teknik ini dipakai di negara lain, bukan berarti Rusia sebagai negara ikut campur. Analoginya, warung masakan Padang di Jakarta bukan berarti yang punya dan karyawannya orang Padang. Karena sekarang banyak orang Tegal buka warung Padang.

Bagi yang berminat baca sejarah teknik jahat yang sekarang dipakai kubu Prabowo silahkan baca artikel bagus ini:

Kremlin’s Information War: Why Georgia Should Develop State Policy https://idfi.ge/…/informational-war-of-kremlin-against-geor…

BAKAL TELAK

Pihak-pihak di Indonesia yang berusaha menggoreng twitteran itu dipastikan benjol benjol kepalanya karena kejedot fakta berkali-kali.

Masalahnya, makin kuat mereka teriak soal Rusia marah, makin telak mereka dihujat sebagai antek asing.

Dan ini menguatkan tradisi nasionalisme yang sangat mengakar di bangsa ini. Jika sentimen kebangsaan disinggung maka kemenangan besar akan dinikmati Jokowi.

Siapapun yang memakai isu propaganda Rusia untuk menjatuhkan Jokowi, juga akan tertampar berkali-kali.

Tuduhan PKI atas Jokowi makin tidak terbukti. Dan tuduhan bakal berbalik, bahwa Prabowo didukung antek-antek PKI. Apalagi Hasyim pernah bilang kecuali iblis, Prabowo akan menerima dukungan dari mana pun termasuk PKI.

JOKOWI TAHU, RUSIA TAHU

Dan harap diingat, Jokowi bukan Prabowo yang suka ceplas ceplos pakai data salah. Atau Sandiaga yang tidak pernah berhenti bersandiwara. Yang jika dikumpulkan bisa jadi buku Mari Ketawa A’la Prabowo Uno

Jokowi orangnya berdisiplin dan taktikal. Jika dia bicara sesuatu, sudah ada 20 langkah yang diperhitungkan dengan seksama.

Karena itu, kata propaganda Rusia sebenarnya ditujukan agar kubu Prabowo agar berhenti memoles jagoannya dengan data bohong dan omong doang. Prabowo dipaksa menyampaikan program riel yang kemungkinan besar langsung dibanting oleh Jokowi di debat 17 Februari nanti.

Dan asal tahu aja Mas Bro dan Mbak Bro.. Rusia sudah paham soal taktik Jokowi.

Karena mereka bukan gerombolan orang goblok yang yakin Mindanao itu ada di Indonesia.

Dan yang bisa membedakan mana yang the Beast dan mana yang the Best.. 

Sumber : Status Facebook Budi Setiawan
.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed