by

“Menembak” Jokowi Melalui Arcandra Tahar

Oleh : Musni Umar

Arcandra Tahar, nama Menteri ESDM dalam seminggu ini bakal mewarnai koran nasional. Tuduhan kewarganegaraan menjadi isu yang bagi sebagian kalangan laksana “negara mau bubar”. Padahal kehadiran AT (Arcandra Tahar) membuat investor terutama dibidang sumberdaya alam ketar ketir.

Mengapa? Karena dialah pria yang tepat menangani hal itu.

Para investor tentu tidak diam dan pasrah. Sumberdaya alam Indonesia begitu menggiurkan sehingga membuat mereka berpikir keras bagaimana menggoyang posisinya. Paling mudah ya memainkan isu kewarganegaraan karena isu dia non pribumi (seperti Ahok), non muslim (seperti Ahok) atau tidak berpendidikan (seperti Susi Pudjiastuti) tidak pas.

Lantas sejatinya apa dibalik isu yang sumbernya hingga saat ini tidak jelas itu. Siapa yang membocorkan? Koq tidak ada pihak yang berbicara data itu didapat dari siapa? Kenapa bisa begitu?

Bagaikan Berlian

Dari perspektif sosiologis, penunjukan Alcandra Tahar oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri ESDM RI sangat luar biasa. Pertama, ternyata ada orang Indonesia yang hebat dan luar biasa bagaikan berlian yang sukses di negeri paman sam Amerika Serikat, seperti halnya Presiden RI ketiga BJ Habibie, pakar kapal terbang, yang lama bermukim di Jerman, yang diminta Presiden RI kedua Soeharto untuk kembali ke Indonesia mengabdi untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia.

Kedua, mayoritas masyarakat Indonesia bangga dan bersyukur kepada Presiden Jokowi yang menemukan Alcandra Tahar, yang hebat dan sukses di negara adidaya, Amerika Serikat. Sampai ada yang bertanya kepada saya, siapa yang memperkenalkan AT kepada Presiden Jokowi.

Ketiga, orang hebat seperti Alcandra Tahar, yang pakar dalam bidangnya sudah tepat diberi amanah untuk memimpin ESDM karena ada Hadist Nabi Muhammad SAW “Izaa wussidal amru ilaa gairi ahlihi fantazirissaah” (Apabila suatu urusan atau pekerjaan diberikan kepada yang bukan pakarnya, maka tunggulah kehancuran). Jadi berdasarkan the right man on the right place sangat tepat jabatan Menteri ESDM RI dipercayakan kepada AT.

Terus Mengobarkan Gosip

Mayoritas masyarakat Indonesia, bangga dan bersyukur kembalinya Alcandra Tahar untuk membangun kebesaran Indonesia yang sudah 71 tahun merdeka melalui pengabdian di bidang Migas.

Para lawan politik Presiden Jokowi, tidak menemukan celah untuk menembak Jokowi yang semakin hari semakin kukuh dalam melakukan konsolidasi politik dan melanjutkan pembangunan.

Yang menjadi sasaran antara untuk menembak Presiden Jokowi adalah menghancurkan para menteri dari berbagai aspek, termasuk yang tengah dihadapi Alcandra Tahar, Menteri ESDM RI yang dituduh berkewarga-negaraan ganda.

Oleh karena pendekatan yang dilakukan bukan pendekatan sosiologis tetapi politik, yaitu kepentingan kekuasaan, maka pernyataan yang dikemukakan AT bahwa dia adalah WNI, lahir dan besar di Padang Sumatera Barat, isterinya juga orang Padang, tetap saja tidak dipercaya.

Itulah mentalitas sebagian bangsa Indonesia yang tersu mengobarkan gosip melalui media sosial, tidak mau mengakui kehebatan orang lain dan tidak ada semangat serta kemauan untuk bekerjasama saling mendukung dan bergotong royong membangun dan membesarkan indonesia. Allahu a’lam bisshawab (Kompasiana)
 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed