by

Second Wave

Oleh : Arya Hadi Darmawan

USA mulai terbebas dari Covid 19 bahkan warganya telah dibolehkan tanpa masker di tempat umum. New York dan kota-kota besar di USA merayakan hari normal kembali seperti sebelum pandemi. Tak kurang 200 juta vaksin telah disuntikkan di USA. Kehidupan mulai membaik walaupun belum seperti sebelum 2019.

Sementara itu Perancis, Austria, Jerman, Belanda dan negara-negara Eropa tertentu sudah mulai melonggarkan diri dari keketatan pengendalian Covid 19. Kehidupan nyaris normal kembali walau belum seperti semula. Restriksi perjalanan masuk ke negara-negara utama Eropa mulai dilonggarkan, terutama untuk USA dan tujuh negara yang dianggap sukses menekan Covid 19. Wisatawan dari USA sudah mulai boleh masuk Eropa dengan leluasa.

Di Asia, India yang pernah menggetarkan dunia di bulan April-Mei 2021 dengan kasus harian hingga 300.000, juga mulai menurun dari serangan Covid 19. Walaupun masih tinggi angka infeksinya ada asa yang positif di India. Brazil tetap tinggi kasus hariannya dan belum ada tanda-tanda turun sejak beberapa bulan terakhir.

Asia atau Indonesia kini dilanda gelombang IIMalaysia dan Indonesia, mengalami gelombang kedua. Singapura sudah lebih dahulu lockdown sejak awal Juni 2021. Serangan mendadak merangkak naik sejak akhir Mei 2021 hingga pertengahan Juni 2021. Posisi pada 16.06.2021 terjadi puncak serangan di Indonesia dengan angka 12.000an kasus per hari. Angka puncak ini hampir sama dengan keadaan puncak serangan di bulan Januari 2021 (14.000an kasus di 30 Januari 2021).

Harapannya semoga angka 12.000an ini tak naik lagi. Kita berharap angkanya turun dalam 1 bulan ke depan (agar anda tahu bahwa tak mudah membawa turun angka infeksi harian itu). Perlu waktu berbulan-bulan.Untuk sementara, apa boleh dikata. Kita agak gloomy sejenak. Setelah hampir 4 bulan (Februari-Mei), Indonesia mengalami penurunan kasus. Kini serangan meningkat kembali. Jakarta memuncaki kasus infeksi dengan 4000an kasus pada 16.06.2021.

Di tempat berikutnya, Jawa Barat (Bandung), Jawa Tengah (Kudus), dan Jatim (Bangkalan) juga sebagai pusat-pusat serangan Covid 19 pada tanggal yang sama 16.06.2021. Jakarta (raya), Bandung (raya), Kudus (raya) dan Bangkalan adalah kota-kota pusat serangan covid 19 yang perlu dilakukan tindakan khusus.Sekalipun Jawa adalah pusat serangan Covid 19 nasional. Namun bukan berarti provinsi lain boleh lengah. Tetap waspada untuk semua.(Dunia suram mengalami stagnasi sosial-ekonomi dalam serangan pandemi bertubi-tubi)Salam pag

Sumber : Status Facebook iArya H Dharmawan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed