by

Memuji Diri

Oleh : Ely Yanto

Tidak ada larangan seseorang memuji diri sendiri, bahkan dalam Islam memuji diri sendiri diperbolehkan, tapi jika tidak hati hati perbuatan tsb bisa menjerumuskan pada perilaku riya’. Memuji diri sendiri cantik, atau tampan, atau pintar adapula yang memperlihatkan sering beramal demi tujuan ingin dipuji. Riya’ bisa membuat orang sombong. ” Maka janganlah kalian menganggap diri kalian itu suci ” ( QS. An. Najm; 32 ).

Firman Allah agar umatnya menjauhi perilaku riya’ Tapi melihat keanehan didalam Partai Demokrat sy sendiri bingung, mengapa ada penghargaan macam Lifetime Achievement yg mesti diberikan kepada semua keluarga Pak SBY ,karena tidak ada kebiasaan semacam itu di partai lain. Lain hal jika penghargaan itu diberikan oleh suatu lembaga independen atau pemerintah. Begitu urgent dan diperlukan penghargaan itu…?. Ataukah ini hanya bentuk dari rasa mencintai diri sendiri yang sangat berlebihan.

Hasan Sadhilly, dalam bukunya narcissims itu ber arti ” mencintai diri sendiri “. Kini maknanya telah bergeser menjadi perilaku yang senang membanggakan diri sendiri. Klaim AHY tentang masa keemasan Indonesia itu berada di era SBY yang notabene sebagai ayahanda nya, tentu menimbulkan banyak pertanyaan dan pertentangan dimasyarakat. Benarkah….. diera keemasan itu justru ketika elite partainya banyak ditangkap KPK. Benarkah…. diera keemasan itu ketika banyak sekali proyek² pemerintah makrak. Jadi, menilai tentu ada parameter untuk mengukur keberhasilan seseorang dalam memimpin.

Jika misalnya berhasil dalam satu atau dua bidang sementara banyak sekali persoalan dan masalah terbengkalai, tentu tidak logic menilai apalagi itu menyangkut penilaian terhadap pribadi yang masih terhitung keluarga. Silahkan memuji diri sendiri, tidak ada yang larang sejauh jangan mendistorsi pekerjaan orang lain. Kurangilah hal-hal yang unfaedah, yang selalu menjelekkan pemerintah, menuju negara gagal, rakyat menderita makin miskin, gagal menangani pandemi….. hanya akan menurunkan martabat. Lebih elok membantu pemerintah saat dlm kesulitan, meski PD ada diluar pemerintahan.

Sebagai Oposisi masyarakat akan mendukung jika yang dilakukan bermanfaat untuk rakyat banyak. Meskipun begitu, …terserah penilaian masyarakat jika kelak AHY maju sebagai capres di tahun 2024.Kalo saya sih ingin Pak Jokowi meneruskan satu periode lagi, meskipun beliau tidak mau. Gak salah kan keinginan seperti saya…. 😂😂😂

Yg gak setuju, santai saja ya sayang.

Sumber : Status Facebook Ely Yanto

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed