by

Menyoal Mental “Pengemis” Anies

Oleh : Siylvester Dandy

Pada tanggal 28 Juni 2021, Sekretariat Daerah – Biro Kerja Sama Daerah – Pemprov DKI mengeluarkan surat edaran tidak resmi (tanpa nomer surat dan tanpa tandatangan digital) kepada kedutaan besar yang berada di Jakarta.Tujuan nya adalah permintaan donasi bantuan penanganan pandemi virus corona (Covid-19) berupa pengadaan perangkat dan sarana Isolasi Mandiri untuk digunakan di Rusun Nagrak Cilincing dan penambahan kapasitas RSUD.

Dirjen Urusan Protokol dan Konsuler, Kementerian Luar Negeri RI – yang dituliskan dalam surat tersebut sebagai tembusan tetapi malah mengetahui hal tersebut melalui media sosial – kemudian meminta klarifikasi kepada Pemprov DKI.Kemenlu berhak meminta klarifikasi kepada Pemprov DKI terkait penerbitan surat atau penggalangan donasi tersebut, karena sesuai dengan undang-undang Nomor 37 tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri. Dan Permenlu Nomor 3 tahun 2019 yang mengharuskan Pemda berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dalam melaksanakan hubungan luar negeri.

Setelah di klarifikasi oleh Kemenlu, pada 1 Juli 2021, Biro Kerja Sama Daerah Pemprov DKI kemudian mengeluarkan surat edaran resmi kembali (dengan tandatangan digital) yang menyatakan menarik surat edaran sebelumnya. Sampai saat ini tidak diketahui alasan penarikan surat edaran tersebut oleh Pemprov DKI…

Pemimpin Daerah yang tidak mematuhi undang-undang, dan kerap melanggar undang-undang serta tidak melakukan GCG (Good Corporate Governance) yaitu prinsip transparansi dan keterbukaan memang harus diberantas.Pola-pola permintaan sumbangan tidak resmi (diam-diam) – yang sepertinya resmi oleh pemprov DKI, padahal tidak resmi – kalau tidak dipublikasikan oleh warganet akan terus terjadi dikemudian hari.

Terima kasih kepada Warganet NKRI. 🙏Kalau hal seperti ini dibiarkan dan tidak diberi sanksi, maka besar kemungkinannya Pemimpin Daerah lainnya bisa meminta langsung sumbangan kepada negara lain, dengan imbalan jasa dari Pemimpin Daerah tersebut. Bantuan yang diminta oleh pemimpin daerah bisa berupa makanan, obat²an bahkan senjata. Kan berabe ‼

Sumber berita : ▪https://www.cnnindonesia.com/…/wagub-dki-akui-surati…

▪https://news.detik.com/…/diklarifikasi-kemlu-pemprov….#WallOfShameGabener

Sumber : Status Facebook Sylvester Dandy

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed