by

Mengabdi Pada Negara Tidak Selalu Jadi PNS

Oleh : Budi Santosa Purwokartiko

Dalam sebuah tes beasiswa, hampir semua peserta mengatakan akan jadi dosen agar bisa mengabdi pada bangsa. Akan jadi PNS agar bisa berkontribusi buat negeri. Lalu ada salah satu yang dengan tegas mengatakan akan bekerja di industri/swasta agar knowledge yang dia dapatkan selama kuliah bisa digunakan untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi perusahaan.

Saya kaget. Baru ini yang punya pemahaman yang beda. Mengabdi pada negeri tidak harus jadi pegawai negeri atau jadi dosen. Sektor swasta, industri, sektor riil-lah yang justru membuat ekonomi berjalan, penyedia jasa kebutuhan sehari-hari banyak didukung sektor swasta.

Saya dan pasangan penguji mencatat ini sebagai hal positif. Pasangan saya lalu curhat katanya selama ini pasangan wawancaranya selalu menganggap orang yang kerja di swasta itu hanya bekerja untuk kepentingan pribadi, katanya baru saya yang berpikir beda. Banyak profesor yang selalu memvonis bekerja di swasta itu tidak mengabdi pada bangsa, kata pasangan saya lagi. Okey toss bu….

Bangsa ini maju karena kerjasama sektor pemerintah, BUMN dan swasta. Bahkan anak2 muda yang mau berwirausaha harus didukung. Kalau cuma jadi dosen atau PNS itu level yang tidak berani ambil risiko…

Sumber : Status Facebook Budi Santosa Purwokartiko

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed