by

Ikrimah Bin Abi Jahl

Oleh : Wira Bachrun

Ikrimah bin Abi Jahl baru masuk Islam setelah Makkah ditaklukkan oleh kaum muslimin. Dalam sebagian riwayat malah disebutkan dia baru masuk Islam setelah perang Hunain. Sebelumnya, dengan statusnya sebagai putra Fir’aun umat ini yaitu Abu Jahl, Ikrimah sangat membenci Islam dan kaum muslimin, terutama sosok Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Namun begitu masuk Islam, Ikrimah berupaya menjadi muslim yang baik. Ibnu Katsir dalam Al Bidayah wan Nihayah menyebutkan bahwa Ikrimah tidak pernah berbuat dosa setelah beliau masuk Islam. Akhir kehidupan beliau pun sangat indah. Di Perang Yarmuk, di bawah komando Khalid bin al walid.. Ikrimah berperang dengan sangat berani, sampai beliau terluka parah. Ketika itu beliau terkapar bersama al Harits bin Hisyam dan Ayyasy bin Abi Rabi’ah. Maka di antara prajurit ada yang membawakan minuman kepada mereka.

Ketika sampai di hadapan Al Harits bin Hisyam, dia mengatakan,”Berikan minum terlebih dahulu kepada Ikrimah!” Begitu sampai kepada Ikrimah, Ikrimah malah mengatakan, “Berikan minum terlebih dahulu kepada Ayyasy…”Akhirnya karena mendahulukan kepentingan saudaranya, semua meninggal tanpa ada seorangpun di antara mereka yang sempat menikmati air minum tersebut.

ويؤثرون على أنفسهم ولو كان بهم خصاصة

Mereka mendahulukan kepentingan orang lain dari pada kepentingan mereka, walaupun mereka juga membutuhkannya.. Adz Dzahabi menukilkan bahwa pada jenazah Ikrimah terdapat tujuh puluh luka. Baik itu sabetan pedang, tusukan tombak, atau panah yang menancap…Semoga Allah meridhoi Ikrimah bin Abi Jahl.WMB.

Sumber : Status Facebook Wira Bachrun

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed