by

Ancaman Teknologi Komunikasi

Oleh : Karto Bugel

“Eh kamu kalau dikirim file dalam bentuk apapun jangan dibuka loh.. data di hp kamu bisa disedot habis.” Demikian seorang teman pernah memperingatkan saya. Dulu, infeksi dilakukan ketika pengguna membuka file video atau dokumen yang dikirim seseorang lewat Whatsapp misalnya. Hari ini, tanpa kita klik apapun, sepanjang dia sudah masuk di hp kita, dia langsung bekerja. Dia mencari data apa pun sesuka pemilik file spyware itu ingin.

Luar biasanya lagi, kecanggihan spyware ini bisa menghancurkan dirinya sendiri jika ternyata salah menginfeksi ponsel yang bukan milik korban yang disasar. Spyware ini juga diklaim tidak bisa dilacak balik oleh siapa pun.Pegasus namanya. Dia merupakan produk spyware yang didesain untuk memantau semua kegiatan pengguna ponsel, seperti SMS, email, data lokasi, riwayat browsing, panggilan telepon, dan lain-lainnya. Bisa dibayangkan bagaimana canggihnya spyware Pegasus ini.

Seorang pendiri perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Amazon, Jeff Bezos pun mengalami peretasan melalui WhatsApp miliknya. Itu bermula ketika Bezos dengan Washington Postnya gencar memberitakan kematian seorang wartawan asal Arab Saudi yang dibunuh di konsulatnya sendiri di Turki pada 2018. Khasogi nama wartawan sekaligus kolumnis Washington Post itu diduga juga telah dimata-matai menggunakan spyware Pegasus.

Kabarnya, ponsel Bezos dikirimi spyware oleh akun WhatsApp Putra Mahkota MbS pada 2018. Gilanya, spyware yang dikirimkan pada ponsel Bezos tersebut berhasil mencuri data sebesar 6 GB milik Bezos. Paling tidak, begitulah bunyi laporan dari penyidik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selain telah digunakan oleh KSA, Pegasus ini kabarnya juga akan dibeli dan akan digunakan oleh beberapa negara separti Azerbaijan, Prancis, Hongaria, India, dan Maroko. Sementara, pemilik Pegasus yang tak lain adalah Israel juga telah menjual sahamnya pada pemerintah Bahrain, Meksiko, Arab Saudi dan U.E.A.

“Apa hubungannya dengan kita?”Gak ada…. Lha untuk makan esok hari saja masih mikir duitnya dari mana to? Buat apa MbS curi data kita yang isinya tunggakan tagihan leasing gak kelar-kelar?..🙄Itu penting buat pak Jokowi karena sehebat apapun benteng yang dimiliki, ponsel beliau tetap rentan sadapan. Tak ada lagi tersisa meski sejengkal ruang bagi aman 100% pada era penuh saling serobot hari ini…RAHAYU.

Sumber : Status Facebook Karto Bugel

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed