by

Warga Kota Ini Sepakat Tidak Akan Memberitakan Data Covid Terkini

Oleh : Annisa Karnadi

Kemarin dan tadi saya melihat postingan provokatif untuk menghentikan kabar situasi pandemi. Di kolom komen netijen juga sering baca semacam itu. Kok bisa yaaa sampai punya pemikiran begitu? Apakah benar itu aspirasi beneran dari warga kota? Buang alat detektor tsunami, lalu otomatis bisa ngilangin terjangan gelombang tsunami, gitu? Malah yang ada gelombang tsunami akan habis menerjang semua tanpa ada yang sempat menyelamatkan diri akibat tidak ada peringatan dini tsunami.

Copot alat detektor asap kebakaran di gedung, jadi kalau ada kebakaran otomatis API bisa padam sendiri, gitu? Malah yang ada seluruh gedung beserta isinya bisa terbakar habis akibat tidak ada bunyi alarm dan tanpa ada ikhtiar pemadaman kebakaran. Stop tes kehamilan, jadi biar meski dia lagi hamil tapi otomatis bisa nggak ada kehamilan soalnya dia lagi nggak pengen hamil, gitu? Malah yang ada kesehatan hingga nyawa ibu dan bayi jadi terancam celaka, bayi lahir cacat, ibu sakit.

Stop tes HIV, jadi biar meski terinfeksi lalu otomatis sembuh sendiri, gitu? Malah yang ada tubuh orang yang sakit bisa hancur digerogoti penyakit AIDS jika tanpa penanganan. Stop periksa ke dokter dan tes gula darah, biar yang sakit diabetes jadi bahagia lalu otomatis penyakitnya bisa hilang, gitu? Malah yang ada tubuh orang yang sakit diabetes bisa kena banyak komplikasi yang sangat menyakitkan sekali karena tidak kontrol rutin. Stop tes/berita/dana penanganan/edukasi/pembicaraan COVID biar rakyat damai, lalu pandemi COVID-19 otomatis jadi nggak ada gitu?

Penyangkalan pandemi COVID-19 sekarang tetap akan membuat pandemi ada. Penyangkalan pandemi hanya akan membuat orang makin abai, lalai kemudian jatuh semakin banyak korban. STOP PROVOKASI!Pandemi COVID-19 itu nyata ada. Coronavirus SARS-CoV-2 nyata berbahaya. Penyakit COVID-19 nyata bisa mematikan manusia. Pandemi COVID-19 dengan segala tragedinya sudah berjalan hampir 2 tahun tapi masih saja di fase denial. Kapan mau maju?Tanpa kesehatan yang aman juga bakal susah untuk menggerakkan sektor ekonomi, pendidikan, dll.

Data berisi informasi terkini sangat penting dalam membuat kebijakan. Saya akan melihat data sebelum memutuskan suatu terapi. Saya akan melihat data sebelum memutuskan ambil jurusan sekolah. Saya akan melihat data sebelum mulai usaha bisnis. Saya akan melihat data sebelum memutuskan investasi. Saya akan melihat data sebelum mengambil suatu tindakan, meski sesederhana keputusan memilih pola diet dan beli sepatu. Saya justru selalu mengikuti perkembangan data terkini pandemi COVID-19 yang setiap hari disampaikan. Sebab bagi saya data itu adalah alarm untuk memantau situasi kondisi pandemi.

Informasi situasi pandemi yang valid sangat penting bagi kehidupan kita sekarang.Justru data harus akurat, baik dan valid.Jangan alergi dengan data biar rencana ikhtiarmu bisa berhasil.

Sumber : Status Facebook Annisa Karnadi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed