by

Sembako, Posko dan Isoman

Oleh : Efron Bayern

🔵 Sembako singkatan dari sembilan bahan pokok. Parpol membagi paket mi instan kepada tukang becak. Pejabat Parpol, media sosial, dan bahkan media berita menyebut Parpol membagi sembako. Menurut Kepmenperindag 115/1998 sembako terdiri atas: beras, gula pasir, minyak goreng dan mentega, daging sapi dan ayam, telur ayam, susu, bawang merah dan putih, ikan, dan garam beryodium. Jadi, kalau ada pihak yang mendaku membagi paket sembako, tetapi isinya tidak seperti Kepmenperindag 115/1998, maka ia sudah berbohong.

🔵 Untuk memudahkan mengelola suatu operasi kegiatan masyarakat (apa pun bentuk dan tujuannya) dibuatlah pos-pos dengan batasan jarak tertentu. Dari pos-pos itu dibuatlah satu pos untuk komando atau pos komando atau posko guna mengendalikan pos-pos yang ada. Posko pastilah petugasnya lebih senior karena ia mengatur banyak pos.Dalam kehidupan sehari-hari sebuah gardu ronda, sebuah garasi mobil, dan lain sejenisnya bisa mendaku diri dengan tulisan besar sebagai pos komando bencana banjir. Kalian itu emang mau ngasi komando kepada siapa? Siapa yang mengangkat kalian menjadi komandan?

🔵 Dalam masa pandemi dikenal dengan istilah isolasi yang kemudian bertambah menjadi isolasi mandiri (disingkat isoman). Isolasi merupakan kegiatan memisahkan diri di tempat tertentu yang fasilitasnya sudah ditetapkan oleh pemerintah dan sekaligus ditanggung oleh pemerintah.Isoman mirip dengan itu tetapi fasilitasnya ditanggung sendiri. Syarat untuk isoman, kata protokol lho, berusia maks 45 dan tidak punya penyakit penyerta. Dalam kenyataan sehari-hari kegiatan isolasi baik yang ditanggung oleh pemerintah maupun ditanggung sendiri disebut sebagai isoman. “Kamu isoman di mana?

“”Saya isoman di RLC Tangsel.”

Sumber : Status Facebook Efron Bayern

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed