by

Rasa Nasionalisme

Oleh : Eddy Sinang Trenggono

Saya punya persepsi dan emosi negatif ( ini jelas subyektif) terhadap orang orang yang punya pandangan skeptis, kritis, sinis dan selalu memandang rendah capaian capaian / prestasi dari bangsa sendiri, tapi sebaliknya memuji muji capaian /prestasi bangsa lain. Seringnya yang diperbandingkan dengan Indonesia jelas jelas tidak apple to apple dengan kondisi Indonesia. Semua negara unik dan berbeda dari awal sejarahnya, cara memperoleh kemerdekaan ya, gejolak pergantian pemerintahannya dan semua sisi kebudayaannya.

Salah satu masa depan yang buruk dari suatu bangsa adalah jika warganya sendiri tidak punya kebanggan terhadap negeri sendiri dan tidak punya kecintaan Nasionalisme. Orang orang jenis ini yang paling mudah menjadi pengkhianat atau penjual bangsa. Rasa Nasionalisme dan kebanggan terhadap bangsa sendiri tidak tergantung dimana kita berada. Bisa saja saat ini sejak nenek moyang kita berada di Indonesia, tapi Nasionalisme kita lebih tipis daripada seseorang yang berdarah indo dan sedang tinggal di luar negeri.

Malah sering warga Indonesia yang sedang merantau di negeri orang malah lebih Nasionalis dibanding yang sejak lahir tinggal di Indonesia. Di mata saya secerdas apapun, setinggi apapun pendidikannya, setinggi apapun kasta keningratannya atau setajir apapun dia jika dia tidak punya Nasionalisme, dia sampah. Apalagi jika ia mengingkari akar budayanya. Karena dia seperti tanaman yang tidak punya akar dan pijakan tanah. Seorang Nasionalis itu tidak harus selalu harus memuji muji, ia bisa melontarkan kritikan terhadap sisi lemah negeri sendiri atau banga sendiri, tapi dasarnya adalah kecintaan bukan penghinaan.

Seorang Nasionalis harus orang yang terdepan mengkritik penyelewengan, korupsi, perusakan lingkungan, kekerasan atau kesewenang wenangan dan segala hal yang bisa menyebabkan perpecahan bangsa . Saya punya ratusan fakta tentang kelemahan atau kejelekan bangsa sendiri, tapi saya juga punya jutaaan fakta yang membuat saya cinta dan bangga negeri ini.🇮🇩🇮🇩🇮🇩

Sumber : Status Facebook Eddy Sinang Trenggono

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed