by

Negeri yang Merampok Dirinya Sendiri

Oleh : Fadly Abu Zayyan

NIsu tentang PNS fiktif ini sebenarnya pernah saya ulas lima tahun lalu. Saat itu terdapat temuan ketika BKN melakukan program E-PUPNS atau Pendaftaran Ulang PNS secara elektronik. Program ini telah mengungkap setidaknya ada 57 Ribu PNS fiktif. Tulisan itu saya beri judul “Ketika Hantu Dipelihara Oleh Negara”.https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=172185396508663&id=100011516113440

Celakanya, lima tahun berselang, temuan jumlah PNS Fiktif ini malah meningkat hampir dua kali lipat. Bagi saya, ini bukan sekedar maladministrasi data BKN. Patut diduga, ada indikasi pembobolan uang negara secara terstruktur, sistematis dan massif.

Dulu juga sudah saya singgung terkait temuan KTP fiktif yang pernah diisukan sebagai pemilih fiktif kemenangan Jokowi. Bagi saya, justru itu bisa menjadi pintu masuk untuk menguak modus pembobolan ini. Identitas fiktif itu bisa saja dijadikan sebagai input data PNS fiktif dan SK PNS siluman tersebut bisa diajukan untuk mendapatkan Kredit Fiktif di Bank-Bank Plat Merah dimana negara harus menanggung dan membayar angsurannya melalui mekanisme Auto Debet (Potong Gaji) oleh pihak Bank.

Dan ini hanya bisa dilakukan secara terstruktur dan sistematis ketika negara memiliki niat untuk Merampok Dirinya Sendiri. Dan juga untuk diketahui, temuan KTP fiktif pada saat itu dicetak pada masa rezim sebelum Jokowi. Tentu ini menarik untuk diselidiki. Ayo bongkar dan jangan kasih kendor!

Sumber : Status Facebook Fadly Abu Zayyan*FAZ*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed