by

Anak Pintar Usia SD Jaminan Masa Depan Cerah?

Oleh : Fauzan Mukrim

Kapan hari itu ada pengamat yang bilang, sekolah daring ini akan jadi bom waktu di masa depan. Kualitas anak-anak yang belajar dengan cara begini akan jauh lebiih rendah daripada generasi yang belajar dengan sistem konvensional, tatap muka, duduk di bangku sampai bel istirahat atau pulang berbunyi. Bisa jadi memang begitu. Tapi kita bisa apa? Pandemi belum ada tanda-tanda akan mereda, malah cenderung naik lagi belakangan ini.

Dan melepaskan anak ke sekolah adalah tindakan yang menurutku risikonya melebihi merokok sebungkus sehari. Ini jangan ditiru. Saya sendiri memasrahkan tahun-tahun ini sebagai “bonus”. Saya anggap skip years. River mau bangun pagi dan ikut zoom saja, saya sudah cukup senang. Tak ada tuntutan ia harus mencapai kemajuan sesuai buku ajar. Dibanding teman-temannya di SD negeri, dia memang banyak ketinggalan. Tak apa.

Yang saya jaga adalah jangan sampai anak-anak ikut stress seperti orang dewasa. Yang bisa kami lakukan adalah menggantinya dengan “pelajaran kehidupan” lain. Toh itu juga penting. Saya pernah menonton video seorang jenderal ketika menyambut kadet baru di sekolah militer Amerika. Pelajaran pertama yang diajarkan kepada kadet adalah mengurus diri sendiri. Mereka diajarkan merapikan tempat tidur, mencuci baju, dan “chores” lain sebelum mengangkat senjata membela negara.

Tidak takut menyesal kalau anak-anak lain sudah jago coding atau ikut olimpiade sementara anak kita begini-begini saja? Insya Allah, tidak. Semua orang punya timeline-nya sendiri-sendiri. Selama kita tidak pemalas, Allah pasti kasih yang kita butuhkan. Saya juga pernah dengar seseorang bercerita. Sampai kelas 4 SD ia belum bisa membaca. Ia tinggal di desa, dan kesempatannya untuk belajar tak selapang anak-anak di kota. Sepulang sekolah ia harus mengarit rumput untuk memberi makan kambingnya. Sekarang ia salah satu bos di kantorku.

Saya yang lebih tua daripada dia dan bisa membaca sebelum masuk SD, malah jadi anak buahnya.

Sumber : Status Facebook Fauzan Mukrim

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed