by

Sistem Kesehatan Nasional China

Oleh: Erizeli Bandaro

Sejak UU sistem kesehatan nasional disahkan. Pemerintah China langsung kerja. Tahun 2008-2013 harus selesai. Ada tiga program utama pemerintah. Apa saja itu?

Pertama. Perbaikan lingkungan hidup masyarakat. China juga ada hunian di pinggiran rel. Juga ada hunian di pinggir sungai. Tahun 2008-2013 di canangkan revitalisasi kawasan kumuh perkotaan. 2013 semua kawasan kumuh perkotaan rampung di revitalisasi. Kota jadi indah dan sehat. China juga melakukan revitalisasi kawasan pedesaan sesuai standar kesehatan.

Mereviltasi 50 juta rumah di pedesaan. Sehingga tidak ada lagi kawasan kumuh pedesaan.
Kedua. China memperbaiki sarana dan prasarana kesehatan nasional. RS diperbaiki dan ditingkatkan fasilitas layanannya. Membangun RS baru disemua wilayah. Melakukan sertifikasi kompetensi Nakes sesuai standar dan memperbaiki gaji nakes. Di China dokter muda gajinya mencapi Yuan 12,000 atau Rp 22 juta sebulan.

Ketiga. Memperbaiki manajemen data kesehatan secara nasional. Sistem database kesehatan nasional menyatu dengan KTP. Jadi rekam medis setiap orang ada pada eKTP. Atas dasar itu ketahanan kesehatan nasional dapat diterapkan. China membangun lab riset penyakit menular seperti Biosafety Level 4 Laboratory. Memperkuat keterlibatan Kampus melakukan riset obat secara luas.

Setelah itu semua rampung. Tahun 2013, barulah sistem jaminan sosial kesehatan diterapkan. Itupun ditanggung hanya 30%. Apa yang terjadi ? BPJS engga pernah defisit. Selalu surplus. Mengapa ? ya karena orang jarang sakit. Orang sehat berkat sistem kesehatan nasional. Lingkung hidup sehat. Surplus BPJS itu digunakan sebagai fund provider membantu rakyat yang butuh modal usaha, menjadi financial resource bagi puluhan juta UMKM. Ekonomi rakyat sehat ya jiwa mereka juga sehat, tentu badan mereka juga sehat.

Ketika Pandemi Virus Corona terjadi? China sangat siap. Dalam hitungan minggu Lab China sudah bisa membuat profile Virus Corona dengan sebuatan COVID-19. Hanya 6 bulan, China sudah bangkit lagi ekonominya. Kini China merupakan negara dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di dunia.

Itu karena politisi China tahu bagaimana mencintai rakyatnya dan melindungi rakyatnya dari sistem kapitalisme kesehatan. Kita? sejak tahun 2003 Draft RUU Sistem kesehatan Nasional dibuat. Tahun 2019 baru masuk prolegnas dan itu belum juga dibahas. Bingung saya…Apa maunya?

(Sumber: Facebook DDB)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed