by

Siapa Pemilik Surga Ustadz?

Oleh : Makinuddin Samin

Aku pernah menulis tentang surga pada Juli 2017 ketika seorang ustadz menyebut bahwa surga adalah tempat gangbang, seks keroyokan. Mengapa surga hanya digambarkan sebatas kenikmatan biologis, padahal kenikmatan jenis itu bisa didapat di dunia, lantas untuk apa harus menempuh jalan kematian untuk mendapatkannya?

Aku menjelaskan betapa sinengkernya surga ini, karena itu dalam Bahasa Arab padanaan kata “surga” adalah “jannah”, yang tersembunyi. Silakan baca https://www.facebook.com/ramyajalasutra/posts/1619918711375473. Terakhir seorang ustadz bicara soal hak huni surga. Tak ada masalah dengan klaim hak huni, dia pasti memiliki hujjah/argumentasi ketika mengatakannya. Namun pandangan seperti yang aku tulis di bawah ini juga sah untuk disampaikan.

1. Ketika orang-orang Yahudi dan Nasrani mengklaim bahwa surga hanya milik mereka (QS 2: 111), kontan Allah menjawab “Tidak! Barang siapa menyerahkan diri kepada Allah dan berbuat baik, maka akan mendapat pahala di sisi Tuhannya (QS 2: 112). Ayat kedua ini menunjukkan bahwa pahala adalah milik mereka yang beriman dan mereka yang berbuat baik, bukan milik siapa beragama apa.

2. Siapa orang-orang beriman ini? Mereka bisa orang Yahudi, orang Nasrani, juga Sabi’in (penganut keyakinan sebelum Islam yang bukan Yahudi juga bukan Nasrani). “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani, orang-orang Sabi’in dan siapa saja yang beriman kepada Allah, hari akhir, dan melakukan kebajikan, mereka akan mendapatkan pahala dari Tuhan..” (QS 2: 62). Bahkan dalam ayat ini menyebut “siapa saja yang beriman” bukan hanya Yahudi, Nasrani, Sabi’in, apalagi hanya Islam.

3. Apa ganjaran atau balasan Allah bagi mereka yang beriman dan melakukan kebajikan? SURGA! “Dan orang-orang yang beriman dan melakukan kebajikan, mereka akan menghuni surga, kekal di dalamnya.” (QS 2: 82).Jadi tak usah lagi bertengkar soal surga, Ges. Perbaiki saja lakumu, patuhi Prokes biar dirimu, keluargamu, tetanggamu, sanak kerabatmu, dan lingkunganmu tetap sehat, OK. 👍👍

Sumber : Status Facebook Makinuddin Samin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed