Rezim Junta Militer Myanmar, Jendral Hlaing

Oleh : Agung Wibawanto

Pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing dikabarkan bakal menghadiri pertemuan khusus pemimpin ASEAN di Jakarta, Indonesia, pekan depan (24/4). Hal itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Thailand pada Sabtu (17/4/2021) sebagaimana dilansir AFP.Sebagai warga dari sebuah bangsa yang cinta damai serta menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan kemanusiaan, saya sangat berharap agar Jenderal Hlaing tidak diberi izin untuk masuk ke wilayah kedaulatan Indonesia.

Jadikan dia persona non-grata. Karena jika diperkenankan hadir, maka dapat diartikan kita membenarkan tindakan kejamnya terhadap rakyat Myanmar yang tidak berdosa. Setelah menuduh sepihak kecurangan pemilu Nopember 2020 (yang tanpa bisa dibuktikan), ia menahan pemimpin sah Aung San Suu Kyi.Jenderal Hlaing melakukan kudeta serta membasmi warga yang anti-kudeta dengan kekuatan militer yang mematikan.

Menewaskan lebih dari 720 orang dan menahan sekitar 3.100 orang. Tindakan berupa kejahatan kemanusiaan tersebut mendapat kecaman komunitas internasional. Sebagian besar, mengutuk junta militer karena menggunakan kekuatannya terhadap warga sipil tak bersenjata. Bahkan, ada beberapa negara yang menjatuhkan sanksi kepada perwira militer Myanmar, keluarga mereka, dan bisnis yang terkait dengan militer Myanmar. Untuk itu sekali lagi, tolak Penjahat HAM, Jenderal Hlaing.Saya dan warga masyarakat lainnya mengutuk terhadap apa yang dilakukan junta militer, sebaliknya berempati kepada penderitaan rakyat Myanmar.

Hormat kami pula kepada para korban baik yang terbunuh ataupun ditangkap. Kebanyakan dari mereka adalah kaum muda, patriotis dan nasionalis. Apa yang dilakukan junta militer di Myanmar adalah sesuatu yang sama sekali tidak dapat diterima.Presiden Joko Widodo Aung San Suu Kyi

#tolakjenderalhlaing#tolakjuntamiliter#fightfordemocracy#fightforhumanity

Sumber : Status Facebook Agung Wibawanto

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *