by

PPKM Apakah Layak Diperpanjang?

Oleh: Mustafa Husin Baabad

Sepertinya masalah PPKM ini sudah ber kepanjangan dan tanpa arah yg jelas. Kalau begini terus kita bisa hancur secara ekonomi. Lihatlah survival rate kita adalah 97% dari yg kena. PPKM jauh lebih besar dampaknya terhadap keadaan ekonomi rakyat banyak yg kita rasakan dan kita lihat disekitar kita.

Sebaiknya pemerintah memperlakukan rakyat sebagai orang dewasa yg bertanggung jawab. Terus kampanyekan dan anjurkan rakyat agar: mau divaksin, pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak serta jaga kesehatan.

Jangan sampai pertimbangan perpanjangan PPKM hanya mendengar dari mereka yg tabungan nya banyak, atau terus menerima gaji walau tidak bekerja, atau para pejabat yg bisa mengambil keuntungan di air keruh. Mereka para pejabat ini kerja dan tidak kerja tetap digaji dan masih punya peluang lagi mancing diair keruh bagi yg mau.

Kalau kita mau serius mengukur dampak Covid-19 ini maka pemerintah, melalui perangkat yg ada harus bisa bandingkan jumlah kematian setiap bulan sebelum wabah (th 2018 dan 2019) dibandingkan dg setelah ada wabah (th 2020 dan 2021). Saya sudah berusaha mencari data itu dari website pemerintah, tetapi ternyata sulit sekali. Kalau pejabat tinggi setingkat menteri atau Presiden yg meminta data itu, tentunya akan sangat mudah dan tersedia.

Kalau pada saat awal wabah kita mengambil pencegahan yg sangat ketat, itu bisa difahami. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, kita bisa terus melakukan evaluasi. Kita lihat bahwa recovery rate adalah 97% dari yg terinfeksi. Bahkan mungkin lebih besar lagi.
.
Dari pelajaran sejarah kita tahu bahwa Flu Spanyol bisa lenyap begitu saja, bahkan tanpa ada vaksinasi. Apakah flu itu lenyap? Saya rasa tidak, yg mungkin terjadi adalah manusianya jadi lebih kuat. Covid-19 inipun mungkin juga akan begitu. Sangat konyol kalau kita membunuh ekonomi kita yg sudah pasti akan memicu huru-hara dan semua problem sosial yg serius bahkan mungkin juga pengguncangan pemerintahan.

Sekali lagi; perlakukan rakyat spt orang dewasa yg bertanggung jawab. Terus kampanyekan; vaksinasi, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan jaga kesehatan. Selanjutnya hadapi semuanya secara lebih rasional dan bekerjasama.

Semoga bangsa kita bisa selalu menghadapi dan menyelesaikan masalah dg bekerja sama dan bersikap rasional.

(Sumber: Facebook DDB)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed