by

Ojo Cedak Kebo Gupak

Oleh : Bonbon

Dari duduk di bangku SD hingga sekarang sedang berkuliah, Setiap kali berpamitan dengan orang tua utamanya ibuku selalu diwanti-wanti, “sekolah sing tenanan ya le ora sah neko-neko, ojo cedak kebo gupak”. Kira-Kira kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah, sekolah yang sungguh-sungguh ta nak gausah macem-macem, jangan dekat-dekat dengan hal buruk.

Ya, wanti-wanti itu selalu ku ingat, kata itu juga yang selalu ku pegang, dan mungkin pesan itu juga yang membuat diriku selalu terjaga dari hal buruk. Pergaulan memang menjadi faktor besar yang berpengaruh dengan hidup seseorang. Pergaulan bisa menjadi cara pandang, pola pikir, dan arah hidup seseorang.

Aku sendiri meng-filter segala sesuatu yang dekat denganku. Istilahnya pilih-pilih teman itu memang perlu dilakukan. Pesan orang tua ku yang selalu menyuruh untuk menjauh dari keburukan selalu aku amalkan.

Nampaknya pengaruh pergaulan tidak hanya berpengaruh kepada orang biasa seperti kita. Pergaulan juga mempengaruhi orang besar bahkan presiden sekalipun, Jokowi contohnya.

Menurutku Jokowi bukanlah Jokowi yang dulu, Jokowi yang lahir dari solo dengan penampilan sederhana yang selalu merangkul warganya. Jokowi yang sekarang nampak terkontaminasi bahkan oleh musuh politiknya sendiri, Prabowo.

Prabowo nampaknya sudah terlalu dalam masuk kedalam pribadi seorang Jokowi. Jokowi menjadi seperti kehilangan jati diri. Di penghujung pemerintahannya Jokowi seakan membiarkan drama pilpres berjalan begitu saja.

Sayang sekali usaha yang sudah dibangun Jokowi selama ini nampaknya harus rusak musnah seketika 2024 nanti. Baru-Baru ini gak ada angin gak ada hujan, Jokowi rapat dengan Prabowo dengan menkeu Sri Mulyani, hasilnya bikin kaget, tiba-tiba anggaran Kemenhan dinaikkan !

Loh kok???, tanyaku kebingungan kok timingnya mencurigakan sekali menjelang pilpres seperti ini, padahal belum ada urgensi sama sekali. Prabowo ini meresahkan beli pesawat rosokan dengan harga triliyunan.

Katanya untuk menjaga pertahanan kok belinya bekasan? Anehnya Jokowi juga oke-oke saja menambah utang demi kenaikan anggaran kemenhan, padahal yang sudah-sudah jelas tidak menguntungkan wong yang dibeli pesawat bekasan.

Prabowo ini benar-benar menjadi pengaruh besar untuk Jokowi, entah jampi-jampi apa yang dia katakan, hingga membuat Jokowi seperti tidak tersadarkan. Menurutku Jokowi sekarang benar benar terjebak kedalam dark circle, Sirkel kegelapan yang benar-benar menjerumuskan.

Cepatlah sadar Pakde Jokowi Sebelum Semuanya terlambat, dan semoga ketika jenengan sadar nanti semuanya belum terlambat.

Sumber : Status facebook Bonbon

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed