by

Anak Muda Indonesia

Oleh : Sigit Rahardjo

Percayalah. kamu akan menyesal jika menghabiskan masa mudamu dengan orang-orang yang terlalu banyak jargon, terlalu banyak kata mutiara, dan terlalu malas untuk bekerja.

Pengalaman hidup terbaik yang harusnya kamu alami adalah satu hari satu buku, kuasai matematika, habiskan waktu dibengkel las, bertemanlah dengan tukang reparasi elektronik, habiskan waktu dengan petani dan nelayan agar kamu tau tentang musim, bibit, dan jenis tanah, berlayar ke laut menangkap ikan.

Juga bermainlah ke pasar 2 kali seminggu dan perhatikan bagaimana orang berdagang dan dari mana mereka mendapatkan barang.
Kalau kalian beruntung, kamu bisa berkawan dengan kepala pasar dan pengelola tempat pelelangan ikan, serta sekali tiga bulan pergilah naik gunung dan pergilah ke pantai.

Berkawanlah dengan nelayan jika tempat tinggalmu di tepi sungai atau tepi pantai dan sekali waktu ikutlah berlayar dengan perahu kelotok hingga barge tongkang vessel tugboat hingga mother vessel.

Hindari orang-orang tua bangka tanpa keahlian yang bergaya sok spiritual, karena ia akan menghabiskan waktumu dan membuat pikiranmu sempit.

Cukuplah setiap tengah malam engkau bangun keluar dan tataplah langit..

Jangan menyempalkan diri dalam komunitas-komunitas yang pergaulannya selalu “loe lagi-loe lagi”, karena mereka akan menyanderamu dalam ruangan yang sempit.

Dunia ini luas anak muda, belajarlah banyak-banyak..

Sumber : Status Facebook Sigit Rahardjo

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed