by

Lho Koq India Balik Lagi?

Oleh : Ahmad Sarwat

Lha ini kapan mau selesainya ya? Rasanya belum lama nonton horor di India, orang pada keleleran di tengah jalan. Kok sekarang India mulai naik lagi covidnya? Jangan-jangan kita gitu juga. Sekarang pada pesta hura-hura, besok kita nangis-nangis lagi?

Baca isi beritanya, rupanya India punya banyak ritual perayaan. Hobinya berkerumun tanpa protokol sambil saling menulari. Innalilahi. Ah, jangan sampai lah itu terjadi lagi disini ya Allah.Apa tidak pada belajar ke Mekkah ya? Dua kali haji sukses dan aman. Protokolnya kelas ‘dewa’ sih kayaknya.

Buktinya jamaah haji yang biasanya 2,5 sampai 3 juta orang, diciutkan tinggal 60.000 jamaah doang. Dan jamaah dari negeri muslim terbesar yaitu Indonesia tetap dilarang masuk. Saya nggak tahu, apa karena kita dianggap cuek bebek dengan protokol, atau kita pernah jadi juara covid?T

api intinya disana protokol itu harga mati. Kayak mereka itu nggak butuh jamaah. Beda banget dengan disini. Tinggal kita disini mau ikut mazhab India atau mazhab Saudi Arabia?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed