by

Islam Pribumi Tumbuh Subur di Asmat

Di Asmat, dua tahun yang lalu, bila ingin mengirim sms atau bertelepon, saya pasti mengulang-ulang. Sering pula hingga belasan kali baru kemudian berhasil. Dan saya jarang internetan di sana. Sms dan telepon saja sulitnya seperti itu, apalagi internet. Ada memang orang-orang yang jualan voucher wifi. Sepuluh ribu dapat satu jam. Tapi speednya sungguh melatih kesabaran. Kendati demikian, terakhir saya komunikasi dengan orang sana, sinyal disana sudah 3G kini. Syukur walhamduliLlah kalau memang benar demikian.

Dan selama di Asmat, saya tidak pernah bepergian ke distrik lain. Bukannya tidak ingin jalan-jalan mumpung berada disana, bukan. Melainkan kondisi antar distrik yang satu dengan yang lainnya sudah berbeda pulau. Untuk bisa sampai ke distrik lain, tentu mustahil bila berenang. Sementara ongkos perahu atau speedboad, mungkin bisa untuk membeli beberapa tiket bis dari kota saya menuju Jakarta.

Selama di Asmat, saya berada di distrik Agats. Salah satu distrik yang sekaligus menjadi ibu kota Kabupaten Asmat. Kalau ibukotanya saja kondisi dan keadaannya seperti ini, bagaimana dengan distrik-distrik lain?

Dan insya Allah, minggu depan saya akan kembali menginjakkan kaki saya lagi di kota “berjuta jembatan” ini. Bukan dalam rangka piknik. Bukan dalan rangka menyalurkan bantuan epidemi gizi buruk. Bukan. Melainkan untuk mengantar salah satu aktifis muda NU yang hendak melatih hadroh di sana. Mohon do’anya. Dan tidak akan lama saya berada disana. Mungkin seminggu, kalau ada kapal datang bersandar, saya balik ke Sorong lagi. Kalau berhari-hari disana, nanti siapa yang mengajar anak-anak Kokoda?

Akhirnya, siapa saja yang tidak pernah bersyukur atau merasa tingkat rasa syukurnya masih rendah, datanglah ke Asmat. Meski penduduknya banyak yang non-muslim, kota ini bisa menjadi terapi untuk meningkatkan rasa syukur Anda. Silakan dibuktikan saja. Salam.

Sumber : Status Facebook Agus Setyabudi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed