Bunga Bank Itu Riba?

2). Riba itu DIPERANGI Allah dan Rosulnya.
فَإِن لَّمۡ تَفۡعَلُواْ فَأۡذَنُواْ بِحَرۡبٖ مِّنَ ٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦۖ ۔۔۔
Jika kamu tidak melakukannya (meninggalkan riba), maka umumkanlah perang dari Allah dan Rasul-Nya… (Al Baqarah : 279)

Ingat..!  Tidak ada yg diperintah Allah untuk memerangi riba, Allah sendirilah bersama Rosulnya yg memerangi riba tsb. Dan.., Allah mustahil kalah perang atau gagal memerangi. Maka apa yg diperangi Allah pasti lumat, punah, binasa..! Lha.., sedangkan BANK..? Tetap eksis semakin berkembang dan berjaya. Berarti BANK itu tidak diperangi Allah, tidak diapa2kan. Berarti pula bahwa RIBA yg Allah perangi bukan bunga bank.
Trus, baliho segede gaban di bawah ini dan seruan untuk tidak bekerja di bank, tidak berurusan dg bank, bukankan semua itu merupakan aksi memerangi bank..? Siapa suruh..? Berarti mereka tidak percaya kepada Allah, tidak menggubris KalamNya.

3). Allah menegaskan bahwa yg batil itu akan lenyap sirna seperti buih, sedangkan yg benar dan berguna akan tetap ada.
۔۔۔ كَذَٰلِكَ يَضۡرِبُ ٱللَّهُ ٱلۡحَقَّ وَٱلۡبَٰطِلَۚ فَأَمَّا ٱلزَّبَدُ فَيَذۡهَبُ جُفَآءٗۖ وَأَمَّا مَا يَنفَعُ ٱلنَّاسَ فَيَمۡكُثُ فِي ٱلۡأَرۡضِۚ كَذَٰلِكَ يَضۡرِبُ ٱللَّهُ ٱلۡأَمۡثَالَ

… Demikianlah Allah membuat perumpamaan tentang yang BENAR dan yang BATIL (yg batil ibarat buih). Adapun buih, akan hilang sebagai sesuatu yang tidak ada gunanya; tetapi yang bermanfaat bagi manusia, akan tetap ada di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan. (Ar Ra’d : 17)

Faktanya, perbankan dg sistem bunga itu tetap ada, eksis dan berguna. Tidak ada tanda2 sedikitpun bahwa bank2 konvensional yg ada ini akan lenyap sirna seperti buih. Fakta ini membuktikan bahwa perbankan BUKAN HAL YG BATIL.

Oleh sebab itu, berhentilah membodohi publik dg agama. Berhentilah memprovokasi umat menumbuhkan kegelisahan dan kebencian pada sistem dan tatanan sosial yg ada. Karena inilah di ataranya benih2 kebencian dan radikalisme yg terus2an ditebar dan dipupuk, yg pada titik2 tertentu meletuskan aksi2 teror biadab.

#TakutlahLaknatAllah
#StopJualanAgama
#SuarakanKebenaran

Sumber : Status Facebook Uju Zubaidi

You May Also Like

One thought on “Bunga Bank Itu Riba?

  1. Memang, bunga bank bukan riba, tetapi bunga bank (atau lembaga keuangan dengan fungsi serupa) adalah biaya-biaya transaksi keuangan (dengan bank tsb) plus inflasi. Sedangkan riba adalah keuntungan yang diperoleh dari meminjamkan (bantuan) uang untuk suatu pihak agar dapat bertahan untuk hidup (misal agar tidak kelaparan atau mati karena kedaruratan). Oleh sebab itu, bantuan keuangan untuk suatu pihak yang diperlukannya agar dapat bertahan untuk hidup harusnya bukan dijalankan oleh bank, tetapi oleh lembaga-lembaga keamanan sosial yang diselenggarakan negara atau lembaga non-profit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *