by

Bisa Kaya Karena Indonesia Kaya

Oleh : Luthfie Assyaukanie

Di Youtube, banyak sekali video anak-anak muda yang memamerkan harta kekayaannya, baik karena keberhasilannya sebagai youtuber atau sebagai entrepreneur. Beberapa anak muda itu menggabungkan skill youtuber dan trader. Mereka berbagi ilmu tentang trading dan investasi yang mereka jalani. Saya kagum, masih usia 20an, tapi sudah punya uang miliaran.Yang tidak banyak disadari orang adalah bahwa mereka bisa kaya karena Indonesia sebagai negara, semakin kaya. 20 tahun lalu, mustahil mereka bisa melakukan itu.

Peredaran uang masih terbatas. Peluang usaha sangat sedikit, dan medium untuk menghasilkan uang nyaris tak ada. Kita masih bergelut dengan transisi politik yang menyakitkan dan berdarah-darah.Sekarang, menjadi kaya jauh lebih mudah. Terlalu banyak jalan untuk mencari uang. Pasar ada di mana-mana. Bahkan di dalam rumah kita.

Kita bisa berjualan dari atas tempat tidur, dari kamar mandi, dan dari mana saja, selama kita punya akses internet. Semua ini tak pernah terbayangkan ketika saya muda dulu. Pada awal-awal Reformasi, dunia begitu suram. Betapa sulitnya mencari uang ketika itu. Pada tahun 2000, GDP Indonesia kurang dari 200 miliar USD. 20 tahun kemudian, GDP kita melampaui satu triliun USD. Kita masuk negara G20, dengan skala ekonomi gigantik. Literally, kita dikelilingi uang yang sangat banyak.

Peluang mendapatkannya ada di mana-mana. Jangan heran kalau begitu banyak anak-anak muda yang mengaku punya uang miliaran, seperti kita saksikan hari-hari ini di Youtube.Saya justru heran kalau ada anak-anak muda sekarang yang tak mampu menjadi miliarder.

Sumber : Status Facebook Luthfie Assyaukanie

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed