by

Bidak Catur yang Tersisa

Oleh : Fadly Abu Zayyan

Vonis penjara terhadap Rizieq Shihab selama 4 tahun, dan 8 bulan (akan menyusul kasus-kasus lain) seakan menjadi antiklimaks dari perlawanan kelompok oposisi non parlemen terhadap Rezim Jokowi. Ya, MRS adalah ikon perlawanan mereka dalam bingkai Politik Identitas. Sebuah model politik yang telah berhasil memporak-porandakan berbagai negara khususnya di Timur Tengah.

Disisi lain, Jokowi telah berhasil membangun konsolidasi politik yang kuat di Parlemen terlebih sejak Prabowo bergabung dalam koalisi.Kini lawan politik Jokowi berusaha membangun kekuatan melalui gerakan Mahasiswa. Sebuah model gerakan yang memang efektif sebagai agen perubahan ketika mendapat dukungan dari rakyat. Sayangnya, apa yang dilakukan oleh BEM UI kemarin justru menjadi antitesa ketika mereka mengklaim berjuang atas nama rakyat.

Alih-alih mendapat dukungan arus bawah, mereka justru mendapat cibiran dari masyarakat khususnya dari para pendukung Jokowi di ranah medsos. Marwah perjuangan mahasiswa yang mengatasnamakan rakyat seakan terjerembab ke titik nadir.Melihat aktor politik dalam sebuah manuver politik tidaklah semata siapa yang sedang tampil di atas panggung.

Sejarah mencatat, tergulingnya berbagai rezim selalu ada aktor intelektual di belakangnya. Dan tentunya juga ada motif ekonomi politik di baliknya. Termasuk upaya yang sama yang sedang terjadi pada sekarang ini. Manuver BEM UI yang sedang “unjuk gigi” saat ini seperti terdapat korelasi dengan vonis MRS jika melihat timingnya yang berdekatan. Dan patut diduga, di belakangnya terdapat kepentingan yang sama. Sebuah kelompok oligarki yang sebelumnya selalu mendapat kue dari lingkaran kekuasaan, kini harus berpuas diri hanya sebagai penonton.

Tidak cukup di situ, pundi-pundi yang telah mereka raup pada rezim sebelumnya, juga harus dipertanggung jawabkan di hadapan rakyat sejak era Transparansi Global mulai bekerja. Dan ini tentang harta yang sedang mereka pertahankan mati-matian melalui bidak catur yang tersisa.

*FAZ*

#SILIT

Sumber : Status Facebook Fadly Abu Zayyan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed