by

Soal Hoax Covid, Belajar Pada Fakta

Oleh : Muhammad Jawy

Ada seorang kyai, yg saya tidak berani menyebut namanya, bercerita tentang covid-19 yg menyerangnya.Saya sowan bulan Syawwal kemarin pasca beliau mengalami serangan covid. Dia jujur bhw dlm pandangannya, Covid adalah hoax yg dibesar-besarkan. Kalaupun memang nyata ada Covid adalah senjata biologi sbg alat politik menguasai dunia. Dia tidak pernah taat protokol ke manapun dia pergi.

Terpapar atau tidak bukan hal yg ditakutkannya, toh semua sdh dalam garis Allah.Bahkan tak jarang ia nyinyir thd orang2 yg taat prokes, apalagi thd orang yg mengampanyekannya. Sikap itu ia pertahankan dg dalih selama ini toh ia tidak terpapar.Suatu hari, dia melayat ke rumah tetangganya yg wafat, tentu saja tanpa mentaati prokes, tanpa masker dan cuci tangan.

Sesampai di rumah dia merasakan pusing, demam dan sesak napas. Mulanya dia menganggap penyakit biasa saja. Akan tetapi semakin lama sesak napasnya semakin menjadi-jadi, padahal tidak ada riwayat sesak napas sebelumnya. Dia mulai panik dan merasa perlu mengundang ahlinya. Singkat cerita dia diagnosa terpapar Covid-19. Selama 9 hari ia tidak mampu bernapas tanpa ventilator, bahkan tingkat kesadarannya menurun drastis. Anehnya, setiap hari ia merasa didatangi gurunya yg sdh wafat dan diwejangi banyak hal yg luar biasa.

Untuk mendengarkan ceritanya tentang Covid dan wejangan gurunya, saya hitung hampir dua jam di rumahnya. Istrinya juga terpapar, tetapi tanpa gejala serius dan ia yg mendadak harus berperan sbg perawat utk suaminya. Ceritanya sangat heboh lho. Kyai hebat ini harus menjalani isolasi selama lebih dari sebulan hingga ia dinyatakan negatif.

Sejak itulah kyai ini percaya adanya Covid-19 dan berkenan mentaati protokol kesehatan.A. Labib Asrori*Haruskah Anda perlu merasakan bgmn sakitnya terpapar sebelum Anda percaya?*Tebarkan kebaikanTaburkan cinta kasihBerbagi karuniaAngop JamkopTrims Mbak Fida Nastiti atas sharingnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed