by

Secercah Harapan Seniman Wayang

Oleh : Rouli Rajagukguk

Wayang, salah satu kebudayaan asli Indonesia yang harus dipertahankan. Wayang memiliki daya tarik sendiri di hati masyarakat luas, khususnya masyarakat Jawa. Mulai dari kalangan atas sampai kalangan bawah, wayang selalu menjadi tontonan yang menarik dan seru.

Wayang, atau yang sering kita kenal sebagai wayang kulit merupakan pertunjukkan yang memiliki alur cerita yang sangat menarik yang dilakoni seorang dalang. Daya tarik pada sebuah cerita wayang, sering kali membuat masyarakat penasaran dan ingin tahu akan sejarah pewayangan.

Tahun 80-90an, wayang kerap kali dijadikan kegiatan rutin tontonan masyarakat. Bahkan pagelaran wayang bisa berlangsung berjam-jam sampai subuh, dan semua penonton tidak akan pulang sebelum si dalang mengakhiri ceritanya. Keberadaan wayang kulitpun dikenal dunia internasional, ada banyak warga negara asing yang ingin tahu tentang pewayangan dan belajar sebagai dalang.

Bangsa Indonesia harusnya bangga atas pencapaian para seniman pewayangan, karena ditangan merekalah, wayang kulit berhasil dipertahankan sebagai nilai-nilai kebudayaan yang tak akan pernah luntur ditelan jaman. Bahkan, Presiden Joko Widodo sangat suka menonton pagelaran wayang kulit bersama istri tercinta Ibu Negara Iriana Widodo.

Namun, sayangnya keberadaan seniman wayang semakin lama semakin sedikit. Tidak lain dikarenakan, kurangnya perhatian pemerintah terhadap nasib masa depan para seniman wayang khususnya bagi para dalang. Pendapatan yang kecil, menjadi faktor utama masalahnya. Melihat hal ini, Presiden Joko Widodo merasa resah karena tidak ingin melihat para seniman wayang tidak mendapatkan jaminan masa dari pemerintah.

Ditengah keresahan sang Presiden, Menko Ekuin Airlangga Hartarto bergerak cepat untuk menjawab keresahan sang Presiden. Sang Menko langsung bertemu dengan Persatuan Dalang Indonesia (PEPADI), dan mendengarkan masukan dari para dalang termasuk kendala berkurangnya jumlah penanggap dan penonton wayang. Selain itu, sang Menko juga tengah mengusahakan adanya insentif bagi produksi berbagai produk terkait seni wayang oleh UKM.

Perhatian Pemerintah bagi industri wayang sangatlah tepat, selain ada nilai ekonomi yang di dapat dari para seniman wayang, ada juga nilai-nilai pembelajaran yang bisa diwariskan bagi para generasi bangsa kedepan. Semoga kedepannya, Pemerintah dapat mampu membawa industri wayang sebagai industri yang menjanjikan dimasa depan.

Salam sehat,

Sumber : Status Facebook Rouli Rajagukguk

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed