by

Perintah Allah Koq Tidak Diamalkan

Oleh : Ahmad Sarwat

Ada satu ayat Qur’an yang berisi perintah Allah SWT dengan sighat Amr alias kata perintah. Jelas dan tegas perintahnya. Tapi tidak pernah dilaksanakan oleh umat Islam. Bukan karena sebab ayat itu sudah mansukh atau dihapus dan tidak berlaku. Ayatnya masih eksis tidak pernah dibatalkan perintahnya. Lalu kenapa kok tidak pernah dikerjakan? Apakah umat Islam sedunia ini telah ingkar kepada perintah Allah? Apakah Al-Quran telah diabaikan? Apakah ini tanda akhir zaman?

Apakah adzab Allah segera datang? Jawabannya tidak, tidak dan tidak. Lalu ayat mana kah itu dan perintahnya apa? وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوا

Dan apabila kamu sudah tahallul, maka berburu-lah (QS. Al-Maidah : 2). Tiap tahun jutaan jamaah haji melaksanakan ibadah ke Baitullah. Dan Mekkah tidak pernah sepi dari orang yang umrah. Namun tak satu pun dari mereka yang berburu seusai tahallul. Yang ada justru mereka malah pada istirahat, makan-makan, duduk-duduk santai, bahkan tidur kecapean.

Saya perhatikan di Mekkah pun tidak ada orang yang berjualan alat-alat berburu, entah itu panah, tombak, senapan atau anjing pemburu. Di Tenabang yang biasanya jadi pusat oleh-oleh ibadah haji umrah pun tidak saya temukan satu pun pedagang alat-alat berburu.Padahal perintah berburu usai tahallul itu jelas-kelas disebutkan dalam ayat di atas. Maka perlu ada kajian khusus terkait ayat-ayat perintah namun tidak dikerjakan bahkan terkesan dicuekin.Yang mau berbagi boleh juga menuliskan komentarnya disini.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed