by

Dokter Hewan Harus Serba Bisa

Oleh : Denny Widaya Lukman

Dokter Hewan merupakan profesi medis yang memiliki tanggung jawab terutama terhadap kesehatan hewan dan kesehatan manusia (pemilik hewan, peternak, masyarakat)..Dokter menangani pasien yang hanya 1 spesies (manusia) dan umumnya pasiennya dapat diajak “berbicara” (kecuali balita, tuna rungu, atau tuna wicara).

Dokter Hewan menangani pasien lebih dari 1 spesies dan semua pasien tidak dapat berbicara dan mengeluh. Parahnya, pasien dapat “menyerang” Dokter Hewan melalui gigitan, cakaran, atau tendangan. Itu juga yang dialami setiap mahasiswa selama mahasiswa..Banyak hal yang perlu dipelajari dan diketahui oleh seorang Dokter Hewan mengingat beragam jenis pasien, terutama dalam gejala klinis setiap penyakit dari setiap jenis hewan.

Belum lagi, penyakit-penyakit yang tidak menunjukkan gejala klinis dan hewan tersebut tidak dapat mengutarakan keluhannya melalui bahasa yang dapat dipahami Dokter Hewan..Seorang Dokter Hewan dalam menangani pasien (terutama mendiagnosa penyakit) pasti sangat berharap agar “gejala penyakit” yang ditunjukkan sama seperti dalam “buku teks”.

Selain itu, Dokter Hewan dituntut untuk memahami dampak keberadaan hewan terhadap kesehatan manusia (penularan penyakit dari hewan ke manusia, penjaminan keamanan dan kesehatan pangan asal hewan) dan masyarakat serta kesehatan lingkungan..Dokter Hewan yang menangani populasi hewan/ternak produksi dituntut mengetahui epidemiologi, manajemen, bisnis, dan ekonomi, serta analisis risiko..

Beberapa tahun belakangan ini Dokter Hewan dituntut turut mengedepankan dan mengedukasi pemilik hewan, peternak, dan masyarakat terhadap “perlakuan” manusia terhadap hewan yang manusiawi (ihsan, baik, kasih sayang) yang dikenal dengan istilah Kesejahteraan Hewan..Dokter Hewan harus mampu menggunakan ilmu dan seni (art) dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu, “Belajar Sepanjang Hidup” (long life learning) menjadi sangat esensial bagi profesi Dokter Hewan.

Sumber : Status Facebook Denny Widaya Lukman

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed