Non Fungible Token (NFT)

Oleh : Mas Sugeng

Sekarang, setiap orang bisa kaya mendadak. Ini cerita saya pagi ini. Suatu hari di bulan April kemarin, penulis produktif Denny JA mengunggah foto dirinya “ A Potrait of Denny JA : 40 Years in the World of Ideas dalam bentuk NFT. Lukisan wajah ini dibuat pelukis Galam Zulkifli dari 102 judul buku karya Denny yang disusun menjai sebuah lukisan mozaik, sehingga membentuk dua wajah Denny. Ia menjual foto dirinya dalam bentuk NFT di online seharga Rp 1,000,000,000 ( Satu miliard) dalam lelang di Opensea. Bukan hanya foto atau lukisan yang bisa dijual.

Konon, Denny juga bisa menjual tweet miliknya yang dibuat tahun 2015 dalam bahasa Inggris senilai Rp 100,000,000. Isi tweet itu, “ Share our love by stopping discrimination in Indonesia and in the world. RT if you agree”. Hanya sebuah tweet bisa dijual ? Itulah dunia NFT yang sedang menggelembung di dunia maya. Seperti crypto, popularitasnya baru terbatas di kalangan sendiri, di komunitas tertentu. Padahal, peredaran uang di sana cukup besar. Kalau kita lacak dalam jual beli di online, mainan baru bernama NFT ini sebenarnya sudah berjalan sejak November 2017. Tercatat, transaksi di NFT telah mencapai US$ 174 juta. Apa Itu NFTNFT ( Non Fungible Toke) adalah aset digital yang mewakili berbagai hak kepemilikan suatu objek nyata. Bisa dalam bentuk lukisan, seni musik, game, mainan tradisional, tweet unik, video pendek maupun celana dalam artis yang punya nilai historis.

Pendek kata segala sesuatu yang dapat dikoleksi. Barang yang berwujud nyata ( lukisan) atau yang tak berwujud nyata ( status di tweeter atau facebook). Saat ini, semuanya bisa disebut karya seni digital. Bisa dibilang, NFT sejenis sertifikat digital yang memverifikasi siapa pemiik suatu aset di dunia cryptoart. Masing-masing sertifikat mewakili kepemilikan karya seni otentik. ManfaatMisalnya anda punya koleksi Kartu NBA dalam bentuk NFT dibanding Kartu NBA fisik adalah bahwa setiap NFT akan berisi informasi yang membedakan dengan NFT lainnya dan gampang diverifikasi.

Jikapun ada barang sejenis di luar sana, barang itu tak punya nilai. Sebab sistem dapat melacak siapa penerbit atau pemilik asli. Tidak mungkin terjadi ada barang yang sama di NFT meski sama-sama Kartu NBA bersejarah atau figure sebuah game online. Semua otentik dan the only one. Barang-barang yang sudah masuk NFT tak bisa rusak, dihancurkan atau dihapus. Semua disimpan dalam blockchain ( jaringan yang terdesentralisasi) dalam Smartcontrack ( Kontrak Pintar) yang memungkinkan item yang sudah NFT aman, tak bisa dihapus, hilang atau diretas. Dengan NFT seseorang bisa mengkalim bahwa itu barang miiknya. Asli, melalui proses sertifikasi digital. Barang atau aset digital yang sudah di’nft’kan akan dicatat dalam blockchain seperti halnya mata uang Ethereum, Tron, atau Bitcoin.

Ada semacam Smart Contract yang menyertainya sehingga produk yang sudah masuk NFT menjadi aman dari bajakan atau peniruan. Barang-barang itu yang sudah NFT akan memiliki nomor rahasia seperti IMEI di ponsel. Blockchain merupakan buku besar yang mencatat berbagai traksaksi digital dalam sistem khsus dan canggih. Setiap catatan perlu diverifikasi oleh banyak komputer. Hal ini yang memperkuat transaksi dalam NFT tak bisa diubah, dihapus atai dihack. Ini dasyatnya sistem desentralisasi. Dengan NFT, seseorang bisa mengklaim bahwa itu barang asli, meski dimana-mana sudah ada barang yang menyerupai atau duplikasinya. Yang di luar sana gak berfaedah lagi. Tak bernilai. NFT merupakan cara untuk membuktikan kepemilikan barang seni atau koleksi dalam bentuk digital, yang aman.

Jika anda memiliki file yang disimpan di web, atau internet salam bentuk file pasti bisa berbahaya jika file anda hilang atau dicopy. Barang Apa Saja yang Bisa NFTBarang-barang unik, aneh dan berharga bisa dijualbelikan secara online dengan pembayaran uang digital alias crypto. Proses transaksi jualbeli ini cukup terbatas dan memiliki kode pengenal unik. Mengapa orang mudah kepincut membeli Karya Seni Digital NFT, itu dikarenakan, mereka merasa bisa memiliki barang ( item) aslinya. Terlebih dalam transaksi, anda wajib mencantumkan bukti otentikasi asli yang fungsinya mirip bukti kepemilikan. Mengapa Bernilai Banyak orang tiba-tiba kaya raya bermain di NFT ini.

Sama kasusnya yang terjadi di dunia crypto. Harganya fluktuatif. Anda bisa saja membeli lukisan karya Basuki Abdulah senilai Rp 500,000,000. Dalam waktu dekat, harganya bisa melambung ke angka Rp 10 miliar atau jatuh di angka hanya Rp 50,000,000 saja. Naik turunnya harga sebuah item NFT juga tergantung permintaan dan penawaran. Ini adalah penggerak nilai produk dagangan. Naik atau turun. Mengingat sifat NFT yang langka dan permintaan tinggi, orang sering bersedia membeli sebanyak mungkin uang yang mereka miliki demi kebanggaan. Prestise. Harga Spektakuler :Orang kaya memang aneh. Mereka mau membeli apa saja dengan harga suka-suka mereka.

Dragon The CryptoKitty dianggap sebagai salah satu NFT termahal di dunia maya. Nilainya 600 Etheurum ( ETH) alias Rp 40 mikiard lebih dikit. Per ETH sekarang nilainya Rp 61,300,000,- ( Harga per 10 Mei 2021 jam 20;20). Mobil Balap satu-satunya, 1-1-1 dari F1 Delta Time dijual seharga 415,ETH. Kartu koleksi digital NBA TopShot dari LeBron James dijual segarga US$ 10,000. Rahasia Laku Dijual:Tidak sembarang item, koleksi atau seni bisa mudah dijual dengan harga tinggi. Item yang anda jual harus memiliki nilai historis. Contohnya seperti tweet pertama kali yang dilakukan CEO Tweeter Jack Dorsey ( ditawar Rp 41 miliard). Berikutnya lagi, yang cepat laku tentulah milik selebriti, artis, orang berpengaruh aau orang terkenal.

Yang ketiga adalah dibuat oleh artis atau pelaku yang hidup pada zamannya, yang karya dan reputasinya cemerlang dan unik. Selain itu coba pelajari pola pembeli yang dilakukan orang-orang berduit. Sering aneh. Gambar meme Kucing Kentut Pelangi saja dibeli dengan harga Rp 6 miliard. Anda bisa geleng kepala lihat gambarnyaMulailah SegeraMumpung masih hangat dan populer, buatlah item-item yang anda miliki dan jadikan NFT. Bisa karya seni, koleksi pribadi, royalti, barang unik dan langka atau apa saja. Anda hanya perlu membuat foto, teks dan narasi agar anda punya hak kepemilikan atau royalti.Pemegang royalti juga bisa membuat dalam bentuk NFT, sehingga pencipta selalu menerima persentase keuntungan dari setiap penjualan karya seni kepada pemilik baru.

Tahun lalu, aktor William Shatner, pemeran kapten Kirk dalam StarTrek mengeluarkan 90,000 kartu untuk dibuat NFT yang menampilkan gambar dirinya. Awalnya kartu itu dijual hanya US$ 1. Sekarang Shatner setiap saat menerima royalti begitu kartu dirinya dijual kembali ke pemilik baru yang selalu bergilir. Alana Edgington adalah perempuan yang sepanjang hidupnya bergelut dengan seni. Ia miskin tapi nekat berkarya meski lukisannya tak laku. Susah dimengerti. Hutangnya banyak. Seorang teman menganjurkan agar menjual lukisannya dalam bentuk NFT melalui online. Elana berharap bisa memperoleh uang Rp 7,000,000 dari beberapa lukisannya untuk mencicil kartu kredit. Ketika lukisan cat minyak di atas kanvas karyanya mulai ditawar orang, ia kaget. Ia bisa menjual lukisannya senilai Rp 1,1 miliar.

Ia segera melunasi hutangnya dan membeli rumah dekat danau dan bahagia bersama ketiga anaknya. “ Hidup ini aneh kayak lukisan saya ,” ujarnya. Dimana MenjualnyaKalau selama ini para seniman, kolektor menjual karya seni melalui balai lelang, galeri atau pameran, sekarang bisa menjual langsung karya seni atau koleksi mereka dalam bentuk digital langsung ke pembeli global. Anda bisa menjualnya di beberapa platform lelang seperti Christie’s ( yang sudah ngetop duluan sebelum NFT), Valuables, Foundation atau NiftyGateway. Tempat lain juga ada seperti OpenSea, Rarible, Sangat langka, Gerbang Nifty, Dasar, Axie Marketplace, Toko RotiSwap, ShowRoom NFT, VIV3 dan banyak lagi. Masa Depan Sebuah KaryaNFT akan menjadi wahana masa depan para pekerja seni dan kolektor.

Para pembeli koleksi seni digital juga senang dengan potensi NFT. Para penjual lebih senang lagi. Karya seni dan koleksi mereka yang tergeletak di rumah, tulisan, karya cipta atau sekedar status di facebook yang unik bisa lalu. Padahal tadinya tak bernilai, dan tergeletak sembarangan. Begitu diunggah dan dijadikan NFT nilainya spektakuler.Peluang yang luar biasa adalah, setiap artis, seniman, nyeniman bisa memiliki hak cipta intelektual atas item yang terkait NFT. Ia bisa memperoleh royalti setiap kali token dijual kembali ke pembeli baru. Anda bisa pensiun sampai kapanpun. Ini adalah moment dimana para pekerja seni diakui dan dihargaii. Semuanya melalui proyek baru bernama NFT. Semua orang memang senang dengan potensi baru bernama NFT ini. Namun seperti krypto, fenomena ini seperti gelombang pantai. Saat ini ombaknya tinggi.

Jika nanti ombak kembali normal bergulung di pantai, jangan kaget.Sekarang ombak sedang tinggi-tingginya. Secepat apa anda mampu menangkap ombak bernama NFT itu…..

Sumber : Status Facebook Mas Soegeng

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *