by

Menebak Maksud Sukarno

Oleh : Alim

Salah satu media yang itu tuh, ngeshare foto ini. Tentu maksudnya terkait video santri yg nutup telinga. Saya gak bahas santrinya, hanya ingin ngisi waktu luang dengan nebak² maksud Soekarno yg menutup telinga ini sementara ada orang yang main musik di belakangnya.

1. Guyon. Ya, Soekarno senyum, yang main musik juga senyum. Jadi ini foto gayeng²an Soekarno dalam sebuah acara jamuan atau apalah yang ada acara musiknya. Kita tau, Soekarno suka musik tradisional, khususnya Lenso, bukan musik dari negara² imperialis yang disebutnya sebagai musik “ngak-ngik-ngok”.

2. Ideologis. Soekarno sedang menunjukkan ideologinya, anti imperialis –termasuk musik² yang “berbau imperialis”. Koes Plus pernah dicekalnya karena musiknya yang anti-revolusi, cengeng, kayak The Beatles yg berasal dari negara imperialis.Nah foto ini Soekarno secara ringan sedang menunjukkan itu. Pernah dalam suatu acara di Italy, Soekarno disambut pertunjukan musik Waltz. Soekarno hanya duduk. Setelah selesai saru lagu, ia minta band musik Lenso yang dibawanya dari tanah air untuk manggung. Para tamu jadi ber-Lenso ria bareng Soekarno.

3. Telinga sensitifKita tau Soekarno punya jiwa seni yang tinggi. Ia suka arsitektur, lukisan, patung, tugu dan musik. Telinga orang² dengan jiwa seni tinggi itu seringnya sensitif, maka alau ada musik yang fals, dia merasa terganggu. Nah, jangan² Soekarno juga begitu. Kebetulan yang dibawakan oleh para pemain musik di belakang Soekarno itu nggak enak didengar, misalnya fals. Siapa tau.. toh hanya foto.

Eh, sy jadi ingat hadits ketika Nabi menutup telinga ketika mendengar suara seruling penggembala dan mengalihkan arah kendaraan ke arah lain. Setelah tanya sahabat apakah suara seruling itu tidak terdengar lagi, barulah Nabi membuka telinganya. Eemmm.. apakah jangan² itu karena suara serulingnya itu fals, blero, melengking-lengking dan nggak enak didengar? Entahlah.. saya bukan ahli hadits, hanya inget hadits itu. Paragraf terakhir ini lupakan aja, jangan diambil hati.. 😁,

Sumber : Status Facebook ALim

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed