by

Hukum Masuk Gereja, Tergantung Tujuan

Oleh : Jody Ananda

Fatwa berbagai madzhab Islam soal masuk gereja itu, bermacam-macam, dari mulai mubah, makruh sampai haram. Aa perlu mengingatkan bahwa fatwa itu punya konteks dan tidak mengikat. Jadi selow saja kalau ada yang memang berbeda. Dugaan saya, fatwa itu muncul saat gesekan antara Islam & Kristen saat itu sedang tinggi-tingginya. Hal yang tidak kita jumpai sekarang ini, apalagi di Indonesia.

Kalau menurut kami di #Madzhab69 yang super mubarock wa rocknroll, hukum masuk gereja bagi Muslim itu ada beberapa, :1. Haram, kalau tujuannya mau merusak, apalagi bawa bom.2. Harom Mughalazoh, kalau masuk gereja mau menggantikan bapak pastor memimpin misa.3. Mubah, jika di gereja tersebut ada ruangan yang sejuk l, ber-AC dan nyaman.

Mubah juga jika ada acara undangan seminar, workshop, bincang-bincang dll yang bertempat di gereja.4. Wajib, jika gereja menyediakan takjil buat orang yang berpuasa Ramadhan. (Takbir dulu ya akhi…). Wajib juga jika kehadiran seorang muslim di gereja dalam kaitannya untuk menciptakan rasa aman bagi penganut Kristiani. (seperti tugas rutin Banser NU di saat Natal, dll)

5. Sunnah, kalau di gereja itu pastornya sohib ente, pas ente lewat, gak enak dong kl gak mampir ke paroki situ.Gitu saja kok ya repot.

Sumber : Status Facebook Jody Ananda

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed