by

Bukber Tapi Ga Taraweh

Jadi meski hukumnya sunnah, tapi terlalu sayang untuk ditinggalkan hanya demi urusan bukber yang isinya cuma makan-makan dan kongkow-kongkow doang. Padahal kesempatan shalat tarawih hanya ada di dalam bulan Ramadhan.

Selesai Ramadhan, tidak ada tarawih-tarawihan lagi. Kalau nggak percaya, coba jajalin aja Anda ke masjid sehabis Isya’, pasti sepi dan masjidnya dikunci. Lepas Ramadhan, tidak ada lagi orang berjamaah shalat tarawih. Tarawih itu hanya ada di bulan Ramadhan, yang belum tentu tahun depan punya kesempatan bertemu lagi.

Lha ini kok malah bukbernya plus ngobrol keasyikan, nyanyi-nyanyi, games, kuis, dan serentetan acara lainnya dan justru malah tidak tarawih berjamaah di masjid? Aneh banget. Lebih parah lagi kalau yang kayak gitu ngakunya sudah hijrah. Lho hijrah kemenong?

Ibarat orang ke pesta, semua perhiasan dikenakan, jas, dasi dan kemeja yang mahal dipakai. Tapi lupa malah celananya tidak dipakai.

Ibarat orang pergi haji, semua tempat dikunjungi sampai naik-naik ke Gua Hira segala. Eh, pas wukuf di Arafah malah tidak ikutan.

Coba deh hitung-hitung sendiri, selama Ramadhan ini berapa kali ikut tarawih yang beneran dan berapa banyak bolongnya? Tidak usah kasih tahu saya, simpan saja sendiri sebagai bahan muhasabah akhir Ramadhan.

Nah mumpung masih ada kesempatan tarawih ke masjid berjamaah, ayo kita tarawih, ayo kita perbanyak ritual ibadah.

Sumber : Status Facebook Ahmad Sarwat, Lc.,MA

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed