by

Siswi Muslim Harus Berjilbab?

Oleh : Novizal Kzan

Apakah siswi muslim harus berjilbab?

Sebelum menjawab pertanyaannya, saya mau ngasih titik tolak berpikir dulu ya.

Titik tolak pertama.

Di dalam Islam, pendapat ulama tentang memakai jilbab itu berbeda2. Saya kasih dua pendapat ulama yg paling berbeda:

Pendapat pertama adalah semua tubuh wanita adalah aurat, kecuali muka, telapak tangan dan telapak kaki.

Pendapat kedua adalah tubuh wanita adalah aurat kecuali rambut, telinga, leher dan lengan.

Lalu pendapat mana yg salah?

Dalam Islam perbedaan pendapat itu biasa, jadi gak ada yg salah, keduanya BENAR. Yang salah itu adalah memaksakan pendapatnya kepada pihak lain yg berbeda pendapat.

Sampe di sini titik tolaknya sudah paham ya. Kalau nggak paham juga, mungkin otak kamu masih terlalu segar karena jarang dipakai. Cocok dijual di warung padang…masih fresh!!🤣🤣

Lanjut…. titik tolak kedua.

Permendikbud No.45 tahun 2014 memberikan pilihan seragam untuk siswi muslim atas kedua pendapat tersebut. Ini peraturan sudah bener banget karena mengakomodir semua keyakinan.

Siswi muslim yang meyakini pendapat pertama, berhak dan boleh menggunakan seragam lengan panjang, rok panjang dan jilbab.

Siswi muslim yang meyakini pendapat kedua, berhak dan boleh menggunakan seragam lengan pendek dan rok pendek/rok panjang tanpa jilbab.

Sudah paham dong untuk titik tolak kedua. Kalo belum ngerti, coba diulang lagi bacanya. Iyaaaa….iya saya ngerti kamu memang kurang suka baca, hidup kamu lebih suka ibadah ritual khaann.😉😉😉

Lanjut yaaa…

Permasalahan yang ada sekarang ini.

Praktek di kebanyakan sekolah2 pada akhir2 ini adalah pengurus sekolah dan guru2 memaksakan agar siswi muslim harus menggunakan seragam mengikuti pendapat pertama, yaitu harus berlengan panjang, rok panjang dan berjilbab.

🤡 Masalahnya ada di mana? Khan bagus sekolah mengajarkan siswi menutup auratnya dengan kemeja lengan panjang, rok panjang dan jilbab?

Masalahnya ada di PEMAKSAAN penggunaan seragam yang tidak sesuai dengan keyakinan.

Siswi yang meyakini pendapat kedua itu juga sudah menutup auratnya sesuai dengan keyakinannya.

Pengurus sekolah dan para guru yang mewajibkan siswi muslim yang meyakini pendapat kedua untuk memakai kemeja lengan panjang, rok panjang dan jilbab telah melakukan pemaksaan kepada siswi tersebut.

Begitupun sebaliknya. Pengurus sekolah dan para guru yang mewajibkan siswi muslim yang meyakini pendapat pertama untuk memakai kemeja lengan pendek dan rok pendek telah melakukan pemaksaan kepada siswi tersebut.

Pengurus sekolah dan para guru yang melakukan pemaksaan tersebut telah melakukan:

1. Pelanggaran atas Pancasila sila kedua: “kemanusiaan yang adil dan beradab”

2. Pelanggaran atas banyak pasal-pasal dalam UU HAM No.39 tahun 1999 terutama Pasal 22 ayat (1) yaitu:

“Setiap orang bebas memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.”

Dengan penjelasannya:

“Yang dimaksud dengan “hak untuk bebas memeluk agamanya dan kepercayaannya” adalah hak setiap orang untuk beragama menurut KEYAKINANNYA SENDIRI, tanpa adanya paksaan dari siapapun juga.”

Ini artinya, siswi dapat memilih seragam sesuai dengan keyakinannya….baik itu meyakini pendapat yg pertama maupun pendapat yang kedua.

3. Permendibud No.45 tahun 2014 terutama pada Pasal 3 ayat (4) huruf d. yang isinya secara singkat bahwa penggunaan seragam harus memperhatikan hak siswi dalam menjalankan agamanya.

🤡 tapi pengurus sekolah dan guru2-nya berhak mengatur sekolah dan mewajibkan pemakaian seragam yang sekolah tentukan.

Sekolah adalah entitas dibawah hukum yang berlaku di Indonesia. Segala tindakan pengurus sekolah dan guru2-nya harus mengikuti semua undang-undang dan peraturan hukum di Indonesia.

Emangnya boleh pengurus sekolah dan guru2nya ngasih peer mencuri barang di supermarket? Ya nggak boleh lah… sekolah itu bukan negara sendiri.

🤡 sekolah khan punya kewajiban mendidik anak menjadi baik, kewajiban seragam yg menutupi aurat khan baik bagi siswi.

Balik lagi pada titik tolak pertama. Aurat siswi yang memilih pendapat pertama berbeda dengan yg meyakini pendapat kedua. Artinya auratnya berbeda dan yang ditutupi juga berbeda.

Tapi sekolah wajib mendidik siswi yang pake bikini ke sekolah! Ngerti khan bedanya?

Jawaban atas pertanyaan yang paling atas adalah: siswi muslim tidak harus memakai jilbab.

Jadi yang sangat bermasalah dalam kasus penggunaan jilbab adalah PEMAKSAAN keyakinan bahwa siswi muslim harus mengikuti keyakinan bahwa rambut itu juga aurat. Ya nggak semua muslim meyakini itu malihhhh.

Gitu ya hai kamu yang otaknya kurang satu sendok teh.😛😛😛

Sumber : Status Facebook Novizal Kzan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 comment

News Feed