by

Kewajiban Berhijab

Oleh : Deni Ardian

Ini saya screenshoot dari suatu komentar di TS orang lain. Dia memberikan komentar bahwa menutup Aurat itu diperintahkan Alquran dalam Surat Al A’rof ayat 26. Dia awali komentarnya dengan “Dalam Al Qur’an diperintahkan untuk menutup Aurat”.

Setidaknya terdapat dua kekeliruan mendasar dalam pendapat dia.

Pertama : Tidak ada satu pun fi’il amr ataupun lam amr (kata perintah) dalam ayat tersebut. Jelas ayat ini bukan ayat amr (perintah). Ayat ini hanya menjelaskan tentang fungsi pakaian. Lantas dari mana dia bisa menyimpulkan “Diperintahkan Alquran” ?

Manusia tidak perlu diperintah untuk berpakaian. Manusia waras akal budi akan berpakaian tanpa perlu disuruh-suruh. Naif sekali bila untuk berpakaian pun Allah musti memerintahkan dalam Alquran. Dalam ayat tersebut Alquran hanya menjelaskan dan mempertegas fungsi lainnya dari pakaian selain sebagai “pelindung tubuh”.

Kedua : Dia mengartikan lafadz “Sauat” menjadi “Aurat”. Dia ambil seadanya terjemahan Alquran versi Depag. Ini yang sudah menjadi pemahaman masyarakat pada umumnya, sauat diartikan aurat.

Kenapa lafadz Sauat diterjemahkan menjadi Aurat ? Apa Allah salah pilih lafadz dan kita boleh meluruskannya ? Apabila maksud Allah adalah Aurat maka Allah akan menggunakan lafadz Aurat sebagaimana yang Allah gunakan dalam Surat An Nuur ayat 31.

Sauat dan aurat itu beda. Dan dia tidak tahu bedanya. Dia hanya tahu terjemahan Depag bilang Aurat. Dia simpulkan Sauat artinya Aurat. Bahkan besar kemungkinan dia belum pernah mendengar istilah “Sauat”. Begitupun masyarakat muslim pada umumnya. Kemudian mereka keukeuh gak terima koreksi. Malah menyalahkan yang mengkoreksi.

Apa bedanya Sauat dan Aurat ? Saya pernah menuliskannya di FB ini. Silakan ini linknya :

https://m.facebook.com/story.php…

https://m.facebook.com/story.php…

Dua kekeliruan di atas sudah sangat luas di tengah masyarakat muslim. Susah diubahnya. Namun semoga ada pikiran yang terbuka dan hati yang gembur dan lapang untuk menerima koreksinya.

Sumber : Status Facebook Deni Ardian

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed