by

Pertikaian Agama

Oleh : Lutfie Assyaukanie

Pertikaian AgamaMana yang lebih banyak, pertikaian antara Yahudi Vs. Islam, Kristen Vs. Islam atau Islam Vs. Islam? Jawaban yang tepat adalah yang ketiga. Pertikaian atau peperangan antara sesama umat Islam jauuuuuh lebih banyak ketimbang pertikaian antara Islam Vs. non-Muslim. Kenapa begitu? Mari kita telusuri.

Dalam sejarah Islam, kisah pertikaian antara Islam Vs. Yahudi hanya ada di zaman Nabi. Itupun hanya di Madinah. Selama di Mekah, Nabi tak pernah cekcok dengan satu orang Yahudi pun. Kenapa? Karena tidak ada orang Yahudi di Mekah. Sepanjang era kerajaan-kerajaan Islam, kisah hubungan Islam-Yahudi lebih banyak mesranya ketimbang konflik. Hanya ada satu-dua kasus pertikaian.

Pertikaian dengan Kristen lebih banyak dari Yahudi. Karena ekspansi Islam ke wilayah-wilayah baru, umumnya ke kerajaan-kerajaan Kristen: Romawi-Bizantium. Pertikaian terlama dan terbesar adalah Perang Salib selama hampir 300 tahun. Konflik Islam-Kristen berlanjut ketika negara-negara Barat melakukan kolonisasi ke banyak negara Muslim. Tapi, banyak orang meyakini bahwa kolonialisme bukanlah pertikaian antar Islam melawan Kristen.

Pertikaian antara Muslim Vs. Muslim terjadi sejak nabi Muhammad meninggal. Percekcokan dimulai di suatu tempat bernama Tsaqifah. Tapi, puncak pertikaian terjadi di zaman Utsman. Sejak Utsman terbunuh pada 656, sejarah Islam diwarnai konflik dan darah, antara isteri Nabi dan menantunya (Perang Unta), antara kemenakan Nabi dan sekretarisnya (Perang Shiffin), dan antara sahabat Nabi yang satu dengan sahabat Nabi lainnya.Pembantaian satu kelompok Islam terhadap kelompok Islam lain, jauh lebih sadis ketimbang konflik Islam melawan non-Muslim.

Kitab-kitab sejarah seperti al-Tabari mencatat semua kisah pilu itu. Sejarah Islam dibentuk oleh pertikaian dan perang. Sebagian percekcokan antar-kaum Muslim yang kita saksikan hari-hari ini adalah warisan dari konflik-konflik masa silam yang brutal itu.

Sumber : Status Facebook Lutfie Assyaukanie

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed