by

Jalan Tengah Konflik Warkop – Warkopi

Oleh : Mamang Haerudin

Kemampuan seseorang untuk menyelesaikan, melerai konflik di antara dua pihak yang sedang berseteru bisa dikatakan tidak mudah. Apalagi solusi penyelesaiannya itu berorientasi pada win-win solution, agar kedua pihak, atau pihak mana pun tidak merasa disudutkan dan disalahkan. Nah kali ini saya mencoba turut berupaya untuk menyelesaikan konflik yang kini tengah ramai dibicarakan di media sosial. Antara pemilik resmi brand Warkop dan Warkopi (plesetan dari Warkop) yang oleh warganet dianggap mirip dengan pemeran Dono, Kasino, Indro.

Saya sebetulnya tidak seperti kebanyakan warganet yang merasa terhibur dan seterusnya. Empati saya muncul justru ketika pihak Warkop memprotes imitasi Warkopi yang kadung viral ke publik. Selain dituntut untuk meminta maaf, Warkopi konon akan digugat secara perdata, malah secara pidana juga bisa. Wah wah bisa gawat ini. Saya tidak menyangkal, bahwa segala sesuatu memang ada aturannya, harus ada etikanya.

Agar sisi kekeluargaan semua pihak tetap bisa terjaga, enak ke mana-mana dan tidak ada yang dirugikan. Oleh karena itu bagi saya, dan anggap saja usulan dan harapan saya ini bisa membuat konflik ini segera selesai. Agar kedua pihak untuk bisa segera duduk bersama. Agar bagaimana semuanya bisa diselesaikan dengan kepala dingin. Bagaimana ke depan brand Warkop tetap mendapat tempat di mata publik penggemarnya, sekaligus tidak memutus kreativitas Warkopi. Lagi-lagi kita harus berterus terang, bahwa ini ujungnya adalah soal rezeki.

Saya harap semua pihak tetap mendapat rezeki yang berkah, di mana segala prosesnya ditempuh bersama dengan kepala dingin. Saya yakin sekali upaya ini bisa ditempuh. Warkop dan ahli warisnya memang punya hak paten, demikian juga Warkopi punya kreativitas. Keduanya harus segera disinergikan. Dunia entertainment yang penuh dengan persaingan ini tidak mudah ya. Jadi manfaatkan saja kesempatan ini agar kedua pihak bisa tetap melecut kreativitas di dunia entertainment. Selain mendapat keberkahan rezeki untuk kedua belah pihak, juga makin eksis menghibur masyarakat. Wallahu a’lam

Sumber : Status Facebook Mamang M Haerudin (Aa)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed