Faktor Berpengaruh Pada Tren Penurunan Covid

4. Efek vaksinasi masal di beberapa lokasi mulai bisa dianalisis. Negara yang belum mulai atau baru sedikit melaksanakan vaksinasi ya tidak perlu jumawa dan tepuk dada karena efek vaksinasi di lokasi seperti demikian itu tentu belum signifikan. Di Israel jelas ada penurunan kasus pada kelompok yang divaksinasi namun tidak dikelompok yang belum divaksinasi. Israel sudah memvaksinasi 70% warganya sehingga data sudah memadai. Di rumah jompo di US pun jelas nampak penurunan yang sangat bermakna. Ini adalah kelompok yang hampir seluruhnya sudah disapu dengan vaksin. US telah memberikan sekitar 70 juta dosis vaksin, suatu jumlah yang sangat luar biasa.
5. Trace and test yang lebih masif. Tentu ini juga hanya bisa diarahkan pada negara yang memang melakukannya. Kebanyakan negara tidak dapat melakukan sesuai kriteria yang diinginkan WHO sehingga tidak bisa mengklaim hal yang serupa.
Semua faktor bahu membahu memberi arti positif. Masih ada sekitar kurang dari 10 negara yang masih menunjukkan grafik meningkat dalam hal jumlah penderita, memang, namun diharapkan mereka akan segera membaik minggu depan ini.
Sumber : Status Facebook Dr. dr.

, SpA(K)

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *