by

Dunia Arab dan Israel

Oleh : Lutfie Asyaukanie

Mengapa dunia Arab seperti diam saja menyaksikan serangan Israel ke Gaza? Mengapa mereka tidak membantu Palestina dengan persenjataan yang mereka miliki? Bukankah mereka bersaudara? Bukankah mereka memiliki peralatan perang yang canggih? Bukankah mereka kaya-raya?Tidak semudah itu, Ferguso. Tidak semua negara Arab bersimpati pada nasib rakyat Palestina. Tidak semua negara Arab membenci Israel. Tidak semua negara Arab mau membantu Palestina memerangi Israel.

Siapa bilang masalah Palestina gampang. Kalau gampang, dari dulu pasti sudah beres.Kerumitan pertama, tidak semua orang Arab suka dengan Hamas. Yang mengirimkan roket ke wilayah Israel itu Hamas, kelompok yang tak disukai banyak negara Arab. Jangankan negara-negara Arab lain, sebagian warga Palestina sendiri tidak suka dengan Hamas, yang dinilai sering gegabah dan senang cari perhatian.

Fatah, kelompok lain di Palestina, membenci Hamas. Mereka menganggap Hamas selalu mengganggu proses damai yang mereka upayakan dengan Israel.Kerumitan kedua, sebagian negara Arab bersahabat dengan Israel dan punya hubungan diplomatik. Mesir dan Yordania sudah sejak lama berangkulan mesra dengan Israel. Uni Emirat Arab dan Bahrain baru saja membuka hubungan diplomatiknya dengan Israel. Beberapa negara Arab lain, seperti Sudan dan Arab Saudi, tengah bersiap2 membuka hubungan hangat dengan Israel.Kerumitan ketiga, Israel terlalu kuat dan didukung banyak negara di dunia.

Selain Amerika, Israel didukung banyak negara di Eropa. Beberapa negara Muslim seperti Turki dan Azerbaijan, punya hubungan istimewa yang tak mudah diganggu. Kalau presiden Erdogan mengecam Israel, itu pura2 saja (diplomatis) agar tidak kehilangan muka di mata para pendukungnya yang kebanyakan fanatik. Di belakang kamera, Turki terus menjalin kerjasama di berbagai bidang dengan Israel.Jadi, kalau Anda bertanya, kok negara-negara Muslim di Timur Tengah diam saja? Ingatlah kerumitan-kerumitan di atas. Begitu, Ferguso!

Sumber : Status Facebook Lutfie Asyaukanie

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed