by

Akurasi Quick Count Versus Hasil Rekapitulasi KPU 2019

Tampak bahwa hasil RC KPU dan QC SMRC sangat berkesesuaian. Perbedaan antara RC dan QC SMRC masih di bawah margin of error (MoE), misalnya Jawa Tengah perbedaan 0,14% dari MoE 0,81%; Jawa Timur perbedaan 0,59% dari MoE 1,09%, Jambi 3,16% dari MoE 5,12% dan Kalimantan Barat 2,37% dari MoE 5,79%.

Tentu beberapa hari ke depan, kita akan mendapatkan hasil lebih lengkap dari provinsi lain, sehingga kita bisa mencocokkan lebih lanjut hasil QC dengan RC KPU.

SMRC dalam laporannya menulis bahwa dari 34 provinsi ada 8 provinsi yang tidak signifikan, tidak bisa ditentukan pasangan mana yang menang dari QC, yaitu : Sumut, Bengkulu, DKI Jakarta, Kaltim, Sulteng, Gorontalo, Maluku, Malut. Hal ini karena selisih antara keduanya, masih berada dalam margin MoE. Dan ia menyebut ada setidaknya 2 provin si yang bisa jadi keluar dari MoE.

Apa yang bisa kita tangkap dari tulisan ini?

– Hasil RC KPU dari 4 provinsi menunjukkan bahwa QC masihlah menjadi metode analisis yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Dan semakin banyak hasil dari provinsi lain, niscaya akan konsisten.

– Berhati-hatilah berprasangka atau menuduh pihak lain, diakibatkan karena minimnya pengetahuan kita dalam suatu hal.

– Ikutilah pendapat para pakar yang punya profesionalisme di bidangnya, misalnya dosen/profesor statistik, dan jangan terjebak oleh analisis abal-abal buzzer politik di media sosial.

Wallahua’lam bish shawab

Sumber : Status Facebook Muhammad Jawy

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed