by

Adzan yang Selalu dibelakang di Tebuireng

Oleh : Desrinda Syahfarin

Masya Allah saya masih ada kesempatan shalat di Masjid Tebuireng yang dibangun oleh Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari.Masjid itu pada masanya menjadi sentra perjuangan kemerdekaan RI dan pengembangan Islam di Indonesia, terutama paham Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) yang kemudian melahirkan Nahdlatul Ulama (NU), organisasi sosial keagamaan terbesar di Indonesia bahkan dunia.

Bangunan masjid diperluas dengan pendopo yang bagus sekali pada masa pesantren dipimpin oleh KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah), namun bangunan utamanya masih memiliki mihrab, pengimaman, dan ubin lantai yang sama dengan tempat Mbah Hasyim mengimami jama’ah dan mengajar agama, lebih seabad lalu.Yang menarik, adzan di masjid itu sehari-hari ada yang dikumandangkan belakangan, yaitu adzan zuhur dan asar selalu terdengar hampir sejam setelah masuk waktunya.

Alasannya: Adzan zuhur dikumandangkan pada waktu biasanya Pak Tani selesai bertani dan makan siang. Adzan asar dikumandangkan belakangan untuk menyesuaikan dengan waktu anak-anak biasanya sudah cukup beristirahat.

Kalau adzan zuhur dikumandangkan tepat waktu saat matahari tepat di atas kepala, Pak Tani akan banyak yang tidak bisa ke masjid untuk ikut shalat berjama’ah. Kalau adzan asar tepat waktu saat matahari sudah condong, maka anak-anak akan masih terlalu capek sehabis pulang dari sekolah atau belum cukup tidur siang untuk ke masjid sekalian sore-sore belajar agama.

Buat saya, ini sangat menyentuh hati. Ber-Islam itu fleksibel, nggak kaku. Penyesuaian begini mengikuti Sunnah Rasulullah shallallahu alayhi wasallam yang bersabda: “Sesungguhnya agama itu mudah. Dan, selamanya agama tidak akan memberatkan seseorang melainkan memudahkannya. Oleh karena itu, luruskanlah, dekatilah, dan berilah kabar gembira! Minta tolonglah kalian pada waktu pagi-pagi sekali, siang hari kala waktu istirahat, dan awal malam” (HR Bukhari-Muslim)

Yuk, beragama untuk memudahkan dan menggembirakan hati. Kalau mengikuti ajaran Islam dirasa membuat hidup malah jadi sulit dan hati pikiran jadi penuh segala hal yang negatif, menakutkan, menyedihkan… maka sampeyan baiknya pindah ngaji ke kyai NU aja, sekedar saran.

Sumber : Status Facebook Desrinda Syahfarin

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed