by

Tuhan telah “Keliru” dan Manusia yang “Memperbaiki”

Oleh : Fadly Abu Zayyan

“Imajinasi lebih luas dari Pengetahuan. Pengetahuan itu terbatas, sedangkan Imajinasi seluas langit dan bumi.” (Albert Einstein). Mungkin sebelumnya, transplantasi organ hewan ke tubuh manusia hanyalah imajinasi. Kini hal itu sudah menjadi kenyataan. Ilmu pengetahuan itu ibarat jalan Tarekat, sampai akhirnya manusia menemukan sebuah Hakekat (kebenaran) yang melampaui pengetahuan sebelumnya.

Misalnya, sebuah pertanyaan dan bahkan cibiran kenapa Babi diharamkan untuk dimakan? Padahal rasanya lezat dan bergizi. Bisa jadi karena pengharaman itulah yang memicu manusia untuk terus meneliti ada apa sebenarnya dibalik Babi melalui jalan Tarekat Ilmu Pengetahuan. Dan kemudian tersingkaplah sebuah Hakekat (kebenaran) bahwa ternyata Babi akan jauh lebih bermanfaat di bidang Ilmu Pengetahuan untuk menyelamatkan Kehidupan daripada sekedar Kuliner sebagai pemuas mulut dan perut semata.

Apalagi dengan DNA yang identik antara manusia dan babi, seakan menjadi petunjuk agar manusia tidak menjadi “kanibal” dengan memakannya .Namun begitu, Transplantasi Ginjal Babi masih melalui proses edit DNA untuk menghilangkan molekul gula pada permukaannya yang selama ini menjadi pemicu penolakan Sistem Imun Manusia. Sebuah Bioteknologi yang bernama CRISPR atau Clustered Regularly Interspaced Short Palindromic dan lebih dikenal dengan Teknologi Edit DNA.

Sebuah penemuan yang seperti dua mata pisau. Bisa digunakan untuk pengobatan seperti halnya mengedit DNA Ginjal Babi agar kompatibel dengan tubuh manusia. Ada juga yang digunakan untuk mengedit RNA Virus agar menjadi penyakit baru yang bisa menginfeksi manusia. Tulisan tentang CRISPR : https://www.facebook.com/100011516113440/posts/1039473803113147/ Dan dengan penemuan ini, semoga manusia tidak berlaku sombong seolah-olah Tuhan telah keliru atas sebuah penciptaan dan manusia yang telah membenarkan (memperbaikinya).

*FAZ*

Sumber : Status Facebook Fadly Abu Zayyan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed