by

Tidak Berjilbab

Oleh : Sasqa Sasqa

Soal: Apa hukum perempuan baligh yang kelihatan rambutnya di depan mertua ayahnya?

Jawaban Maulana Syekh Yusri Rusydi al-Hasani hafizhahullah:

Kelihatan rambut perempuan baligh di depan laki2 bukan mahram hukumnya adalah dosa kecil. Bukan dosa besar..

Dosa kecil dihapus oleh shalat atau wudhu, tahlil, istighfar, takbir dll.

Kamu tentu marah dengan fatwaku karena kamu dididik dengan metode Wahabiah yang mestinya aku mengatakan: “haram, itu dosa besar, syirik & masuk neraka”. Sehingga kamu bertepuk tangan..

Tapi kita mesti meletakkan semuanya sesuai porsinya masing2; ada dosa besar & ada dosa kecil.

Membuka rambut merupakan dosa kecil yang dihapus dengan shalat dll.. ketika dia wudhu, dosa itu pun gugur..

Rahmat Allah itu luas.. tidak seperti ajaran Wahabiah yang mendidikmu bahwa rahmat Allah itu sempit.. Kamu tidak dididik oleh ajaran Azhari yang mendidik umat bahwa rahmat Allah itu luas.

Makanya kita melihat begitu banyak ulama besar al-Azhar yang puteri mereka tidak menutup rambutnya pas kuliah dll.. karena para ulama itu tidak mau memaksa anaknya sehingga membuat jiwa anaknya rusak.. Jadi dibiarkan saja selama melakukan shalat & berbagai ketaatan.. Dan ulama al-Azhar berpedoman pada rahmat Allah yang luas.. Nanti ketika mereka makin dewasa, tambah malu & makin mengenal agama, maka mereka akan menutup aurat dengan baik & menjauhi dosa kecil sebagaimana mereka menjauhi dosa besar.

Membuka rambut yang hukumnya dosa besar adalah jika perempuan itu berniat menggoda untuk melakukan perbuatan menyimpang..

Sementara hal itu tidak ada sama sekali dalam fikiran mereka.. jadi tidak perlu lah kamu suuzhan dengan mereka.. jangan berpikiran seperti Wahabi yang mengkotak2kan orang.. sebagian di surga & sebagian lain di neraka..

(وَءَاخَرُونَ ٱعۡتَرَفُوا۟ بِذُنُوبِهِمۡ خَلَطُوا۟ عَمَلࣰا صَـٰلِحࣰا وَءَاخَرَ سَیِّئًا عَسَى ٱللَّهُ أَن یَتُوبَ عَلَیۡهِمۡۚ إِنَّ ٱللَّهَ غَفُورࣱ رَّحِیمٌ)

[سورة التوبة 102]

‘Asaa dalam al-Qur’an bermakna tahqiiq..

Jadi, manusia2 yang mengakui kesalahan mereka & bercampur amalannya dari perbuatan baik & perbuatan buruk.. “Allah tentu Memaafkan mereka”..

Yang lebih berbahaya dari dosa zhahir terbuka rambut perempuan baligh adalah dosa besar yang mungkin ada di dalam batinmu yaitu suuzhan pada sesama muslim, sombong, kebencian & tidak ridha dengan yang ditakdirkan.

Kalau seperti itu kebusukan yang ada dalam dirimu, maka perempuan yang kelihatan rambutnya itu merupakan shiddiqah (wali besar) dibandingkan dengan dirimu..

~ Faedah dars jum’at siang 16 Juli 2021M, 6 Dzulhijjah 1442H bersama Maulana Syekh Yusri Rusydi al-Hasani hafizhahullah.

Sumber : Status Facebook Sasqa Sasqa

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed