by

Politik Islam dan Islam Politik

Oleh: R Widhi Nugroho

Bila politik Islam adalah upaya menegakkan nilai-nilai Islam seperti keadilan – tanpa memandang latar belakang agama, maka Islam politik adalah politik identitas yakni menggunakan Islam untuk meraih kekuasaan.

Islam politik berjuang agar umat Islam dapat mengejar ketertinggalannya dan menduga bahwa demikianlah yang disebut perjuangan Islam.

Yang menarik, terminologi umat Islam – apalagi umat Arab, tidak dikenal dalam Al-Qur’an. Untuk merujuk umat yang mengikutinya, Qur’an menggunakan istilah umat wasathiyah – umat yang moderat, istilah yang susah untuk dijadikan politik identitas.

Apa yang disebut Islam politik yang mengedepankan semangat ‘korps Islam’ dengan demikian sebenarnya tidaklah dikenal dalam Al-Qur’an.

Islam politik sering kali tidak mengakui bahwa mereka menggunakan Islam untuk meraih kekuasaan dan menganggap tuduhan ini sebagai Islamophobia.

Memang pada tingkat akar rumput, agak sulit membedakan antara Islam politik dan politik Islam.

Orang-orang saleh yang rajin beribadah tetapi kurang berpengetahuan menganggap Islam politik sebagai panggilan agama, sedangkan orang-orang yang ‘kurang saleh’ memandangnya sebagai kesempatan untuk menebus dosa.

Dengan Islam politik, elit tidak hanya mendapatkan dukungan secara cuma-cuma tetapi bahkan bisa mendapatkan tambahan logistik atas nama infak/sedekah.

Setelah memperoleh kekuasaan, Islam politik pertama-tama akan mendistribusikannya kepada ‘korps Islam’. Bisa kita saksikan bila sebuah departemen dikuasai oleh kaum modernis, maka segera akan menghijau.

Profesionalitas – menempatkan seseorang pada keahliannya – suatu hal yang sesuai dengan hadits Nabi, akan dikalahkan oleh semangat mengedepankan korps Islam.
Bagaimana dengan politik Islam?

Sebagai gerakan idealis, nampaknya politik Islam akan tenggelam dalam hingar bingar Islam politik. Politik Islam membutuhkan pemahaman yang benar dan menyeluruh terhadap Islam dan perubahan sosial, serta menuntut pelaku yang ‘telah selesai’ dengan dirinya sendiri. Bila tidak, ia akan terbawa oleh arus Islam politik.

(Sumber: facebook DDB)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed